Ekos Albar Resmi Jabat Wakil Wali Kota Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Ekos Albar Resmi Jabat Wakil Wali Kota Padang Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Padang, cagak.id–Wakil Wali Kota Padang yang lebih dua tahun kosong kini resmi ditempati Ekos Albar untuk melanjutkan sisa masa jabatan 2019-2024. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi atas nama Presiden RI di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/5/2023) siang.

Setelah melantik Ekos Albar, Mahyeldi berpesan kepada seluruh jajaran Forkopimda, Instansi vertikal, dan jajaran Pemerintah Kota Padang, agar membantu Wakil Wali Kota secara maksimal, sebagaimana membantu dan mendukung Wali Kota.

“Wali Kota dan Wakil Walikota adalah satu. Tidak boleh dibeda bedakan, tugas dan fungsinya akan saling mengisi dan mendukung,” ujar Gubernur.

Dengan dilantiknya Ekos Albar sebagai Wakil Wali Kota Padang, kata Mahyeldi, diyakini Kota Padang akan semakin maju dan sukses serta masyarakatnya sejahtera. Ia juga berharap dengan dilantiknya Wakil Wali Kota semakin meningkatkan kinerja Pemko Padang ke depan.

“Semoga Pak Ekos mampu mendukung Pak Wali Kota dan Pemko Padang untuk mewujudkan semua target pembangunan khususnya 11 program unggulan (progul) Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta visi dan misi Kota Padang. Begitu pula mendukung kesuksesan iven-iven dan kegiatan yang akan diselenggarakan di Kota Padang. Baik di level daerah atau pun level nasional,” ulas Mahyeldi.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, mengatakan, dilantiknya Wakil Wali Kota Ekos Albar menjadi penyemangat baru di lingkungan Pemko Padang. Ia mengungkapkan periode 2019-2024 sudah menjalankan sekitar 82 persen dari 11 program unggulan.

“Insya Allah di akhir tahun 2023 akan kita cukupkan menjadi 100 persen. Dengan adanya Wawako Ekos Albar, tentunya akan ada percepatan dan menjadi kekuatan baru menjelang berakhirnya masa kepemimpinan. Saya berharap kepada Wawako yang dilantik dapat membantu tugas dari Walikota dan Pemko Padang untuk mengakselerasikan pencapaian target Kota Padang,” harapnya.

Sementara itu, Ekos Albar yang baru dilantik menyatakan sanggup menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Kota Padang kepadanya.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Kota Padang yang memberikan amanah kepada kami sebagai pelayan masyarakat. Insya Allah, saya akan bekerja keras untuk mewujudkan Padang sebagai kota yang maju dan sejahtera masyarakatnya,” kata Ekos didampingi istrinya Ny. Arie Ekos Albar.

Pria kelahiran Batusangkar, 26 Agustus 1971, itu terpilih sebagai Wakil Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024 atas hasil pemilihan Anggota DPRD dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Padang pada 5 April 2023 yang lalu.

Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Wali Kota Padang, Hendri Septa, serta sejumlah pejabat pemerintah di tingkat Pusat serta dari dalam dan luar Sumatera Barat. Diantaranya terlihat Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto bersama sejumlah Anggota DPR RI diantaranya HM Asli Chaidir dan lainnya. Lalu Anggota DPD RI Leonardy Harmainy serta Wakil Ketua DPRD Sumbar Indra Dt Rajo Lelo dan beberapa kepala daerah di Sumbar. Selain itu juga hadir unsur Forkopimda Sumbar dan Kota Padang, Ketua TP-PKK Sumbar Harneli Mahyeldi, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny Genny Hendri Septa dan sejumlah pimpinan BUMN/BUMD hingga stakeholder terkait di Kota Padang.

Temu ramah jelang pelantikan

Jelang pelantikan, Ekos Albar adakan temu ramah dengan pejabat selingkungan Pemerintahan Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota. Wakil Wali Kota Padang terpilih itu menyampaikan komitmennya dalam birokrasi, melanjutkan serta mewujudkan program visi misi yang diusung Wali Kota Padang masa jabatan 2019-2024.

“Kita semua harus kerjasama dalam arahan wali kota. Saya akan laksanakan sebaik-baiknya. Meskipun dari sisi disiplin ilmu dan kultur saya harus masih banyak belajar. Saya latar belakang swasta yang saat ini masuk pemerintahan sangat menerima masukan, mungkin banyak hal yang tidak pada tempatnya. Mohon diingatkan,” katanya.

Ekos Albar juga menuturkan bahwa ia telah melakukan pemantauan dan observasi mengenai permasalahan pembangunan di Kota Padang. Dalam hal ini, tak lupa ia sampaikan komitmen bersama pejabat Pemerintahan Kota Padang untuk menemukan dan memecahkan permasalahan tersebut.

“Beberapa hari setelah saya dinyatakan terpilih, saya langsung mengikuti perkembangan pembangunan. Hasil pemantauan saya, bagaimana pengoptimalan Pasar Raya Fase VII,” tuturnya lagi.

Tidak hanya itu, sebagai Wakil Wali Kota terpilih ia juga akan berusaha menjadikan Kota Padang yang thayyibatun wa rabbun ghofur. Salah satunya dengan menggencarkan pembangunan yang tidak hanya mengandalkan APBD, tetapi dengan kerjasama dan potensi yang bisa dioptimalkan.

Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar juga menyampaikan perkembangan terbaru dalam birokrasi Pemerintah Kota Padang. Saat ini sebutnya, tercatat hampir 16 ribu pegawai baik ASN dan non ASN. Pemerintah Kota Padang, terus mengoptimalkan kinerja birokrasi demi mewujudkan visi misi pembangunan Kota Padang.

“Selamat bergabung Wakil Wali Kota Padang. Kami selaku pejabat birokrasi pemerintahan, sangat menerima masukan dan arahan Bapak Wakil Wali Kota. Semoga dengan kehadiran Bapak Wakil Wali Kota, mampu menambah kekuatan Wali Kota Padang,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun ini akan banyak agenda nasional yang menjadikan Kota Padang sebagai tuan rumah. Andree juga menambahkan perlunya dukungan dan arahan dari Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar untuk bersama mewujudkan beberapa perhelatan nasional itu. (fahmi)

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top