Raih Prestasi, Wali Kota Deri Asta Apresiasi DKP3 Sawahlunto

Wali Kota Sawahlunto foto bersama dengan ASN di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan

Sawahlunto, cagak.id Penyuluh Pertanian di Sawahlunto kembali meraih prestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat yaitu pada Lomba Penyuluh Sarana dan Prasarana Pertanian Tingkat Sumbar Tahun 2022.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Henni Purwaningsih pada Senin 30 Januari 2023 mengatakan Sawahlunto berhasil menyabet prestasi di dua kategori yaitu Ketenagaan Penyuluh Pertanian dan Kelembagaan Penyuluh Pertanian.

“Untuk kategori Ketenagaan Penyuluh Pertanian berhasil mendapat Juara II Penyuluh Pertanian PNS Teladan atas nama Welly Putri Syahri (Penyuluh di Desa Sikalang dan Desa Rantih) dan Juara III Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, atas nama Anasril (Penyuluh Swadaya di Desa Lumindai),” ujar Henni Purwaningsih.

Ia menjelaskan untuk kategori Kelembagaan Penyuluh Pertanian berhasil mendapat Juara II Gabungan Kelompok Tani Berprestasi yaitu Gapoktan Guguak Kumbayau (Desa Kumbayau).

“Selain penyuluh pertanian, pada bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) itu juga memperoleh prestasi sebagai Juara II Petugas Medik Veteriner Berprestasi. Yakni diraih oleh petugas kita atas nama drh. Meta Levi Kurnia dari UPTD Puskeswan,” kata Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Sawahlunto.

Selain itu, dijelaskannya Sawahlunto juga meraih prestasi tingkat Provinsi untuk bidang Ketahanan Pangan yaitu Juara II Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan, atas nama Rice (Kepala Desa Kubang Tangah) dan Juara III Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pelaku Ketahanan Pangan, diraih Kelompok Wanita Tani (KWT) Durian Bolieng Desa Pasar Kubang.

Penyerahan penghargaan atas prestasi tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat apel pagi DKP3, Senin pagi 30 Januari 2023 kemarin.

“Prestasi ini menunjukkan apa yang dikerjakan itu benar dan baik, malah sangat baik sehingga ketika dinilai Provinsi dianggap bagus dan layak mendapat prestasi sebagai juara. Sekali lagi kita menyampaikan selamat dan terima kasih,” kata Wali Kota Deri Asta.

Menurutnya, Pemko Sawahlunto terus berpihak dan memberikan perhatian khusus pada sektor pertanian karena berpengaruh besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain karena memang banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani, juga karena sektor pertanian terbukti memiliki daya tahan yang bagus dalam berbagai situasi contohnya saja di masa pandemi kemaren ternyata pertanian tidak begitu terdampak,” kata Wali Kota Deri dan mengatakan bahwa sektor pertanian dalam Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sawahlunto telah berkontribusi sampai sekitar sembilan persen.

Selain itu, atas nama Pemerintah Kota Sawahlunto mengapresiasi dan berterima kasih kepada para juara atas kontribusi dan prestasi yang telah meraih prestasi. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top