Rangkaian Festival Muaro, Pemko Padang Luncurkan Buku Sejarah Bandar Padang

Rangkaian Festival Muaro, Pemko Padang Luncurkan Buku Sejarah Bandar Padang

Padang, Cagak.id—Pemerintah Kota Padang akan meluncurkan buku sejarah yang mengisahkan perjalanan panjang Batang Arau atau yang dikenal sebagai Bandar Padang.

Penerbitan buku sejarah Bandar Padang ini akan didiskusikan bersama guru Sejarah SMP se-Kota Padang saat gelaran Festival Muaro Padang.

Hal itu dikatakan Wali Kota Padang Hendri Septa, Sabtu (20/4/2024). Orang nomor satu di Kota Padang ini mengatakan buku tersebut ditulis sejarawan Deddy Arsya dan Muhammad Ikbal.

Buku ini menceritakan bagaimana Batang Arau atau disebut Bandar Padang dalam catatan sejarah budaya dan ekonomi.

“Buku ini adalah buku pertama terkait Batang Arau sebagai produk Festival Muaro Padang tahun ini,” tutur Hendri Septa.

Di sisi lain, Hendri Septa menyampaikan, gagasan Festival Muaro Padang ini dilatarbelakangi ingin menjadikan Batang Arau atau Muaro Padang sebagai destinasi baru wisata.

“Yaitu bagaimana menjadikan sungai ini bersih. Maka dengan festival ini kita akan menyaksikan sungai sebagai kekayaan alam dan wisata kita yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Menurut penulisnya, Deddy Arsya, buku ini ditulis selama dua bulan. Buku yang berisikan 193 halaman itu menceritakan tentang Batang Arau atau disebut Bandar Padang dalam catatan sejarah budaya dan ekonomi.

“Tentunya kita harap buku ini bisa menjadi media pengetahuan bagi kita semua mengenai sejarah Kota Padang, khususnya pada abad 17 dan 18,” tukasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top