Luncurkan Calendar of Event Kabupaten Tanah Datar di Pekanbaru, Ini Harapan Bupati Eka Putra

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat luncurkan Calendar of Event Kabupaten Tanah Datar

Pekanbaru, cagak.id Bertepatan dengan momentum dua tahun duet Kepemimpinan Bupati Tanah Eka Putra bersama Wakil Bupati Richi Aprian, Calender of Event (CoE) Pariwisata Tanah Datar Tahun 2023 resmi di diluncurkan pada Minggu 26 Februari 2023 malam di Riau Garden Pekanbaru, Provinsi Riau.

Bupati Eka Putra mengatakan pelaksanaan launching CoE di Kota Pekanbaru sebagai bentuk usaha lebih, dalam memperkenalkan potensi wisata di Tanah Datar kepada masyarakat ataupun perantau.

“Tahun lalu tercatat setidaknya 1,2 juta wisatawan berkunjung ke Tanah Datar, dan 60% merupakan warga Riau sehingga potensi ini yang kita maksimalkan dengan menggelar CoE di sini untuk masyarakat Provinsi Riau dan khususnya warga kota Pekanbaru agar mengetahui jadwal pasti dalam pelaksanaan berbagai event wisata di Tanah Datar, sehingga target 2 juta wisatawan bisa dicapai di tahun 2023,” ujarnya.

Ia menjelaskan CoE 2023 Kabupaten Tanah Datar memiliki 55 event yang akan dilaksanakan selama 155 hari selama tahun 2023 dengan berbagai event budaya, kesenian dan juga olahraga.

“Pada Januari dan Februari, diawali dengan event Pacu Jawi di Kecamatan Sungai Tarab dan Kecamatan Lima Kaum yang selanjutnya akan diwarnai 35 event Program Unggulan Satu Nagari Satu Event serta nantinya juga akan diawali Pesona Tobek Loweh Nagari Parambahan pada 11 Maret dan diakhiri Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung pada 7 sampai 10 Desember 2023,” ujar Eka Putra.

Menurutnya dalam berbagai event yang digelar juga ada berskala nasional seperti TRoI yang tentunya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Khusus Program Satu Nagari Satu Event, dinilai cukup mampu memberikan dampak multiplier, seperti perekonomian masyarakat meningkat melalui UMKM dan kuliner serta yang menarik dalam event ini, kuliner, adat dan budaya masyarakat di nagari yang telah lama terpendam dibangkitkan dan ditampilkan kembali, agar masyarakat tahu, menyaksikan serta menikmatinya,” katanya.

Untuk itu dikatakannya Pemkab Tanah Datar mengajak semua masyarakat di Pekanbaru dan seluruh masyarakat dimana saja untuk datang karena CeO 2023 sudah diluncurkan dan memiliki jadwal pasti.

“Bagi kita yang hadir ataupun tahu melalui media sosial tentang CoE 2023 ini, tolong sebarkan dan ajak sanak famili, saudara dan lainnya untuk berkunjung, namun tentunya kami minta untuk menginap, kita punya hotel berbintang dan juga home stay yang representatif. AYO ke Tanah Datar,” ujarnya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan, mulai dari panitia pelaksana, Pemprov Sumbar, Pemkot Pekanbaru, Owner Riau Garden, Club dan Komunitas Otomotif, perantau yang ada di Provinsi Riau, pimpinan dan anggota DPRD Tanah Datar, kepala OPD, Camat, Wali Nagari, LKAAM dan pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

“Terima kasih atas dukungan semua, sehingga kegiatan Launching CoE berjalan baik dan sukses. Sedianya Wabup, Sekda, Camat dan OPD lainnya hadir di sini, namun karena wafatnya salah seorang putra terbaik Camat Sungai Tarab pagi tadi, sebagian mengantar dan menanti di Tanah Datar. Di kesempatan ini Saya juga harap, mari kita semua do’akan yang terbaik bagi almarhum di sisi Allah dan juga memaafkan segala kesalahannya,” katanya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top