Lembaga Pers Mahasiswa Detak Alinea Fisip Unand Resmi Didirikan

Lembaga Pers Mahasiswa Detak Alinea Fisip Unand Resmi Didirikan

Padang, Cagak.id—Perjuangan Panjang Proses Pendirian Lembaga Pers Mahasiswa Detak Alinea Fisip Unand sudah menemuai titik terang. Pada Sabtu, 24 Febuari 2024, di Seminar Gedung I Unand, LPM Detak Alinea Fisip Unand resmi dilantik, sebanyak 22 orang pengurus. Pelantikan dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fisip Unand Bapak Dr.Lucky Zamzami M.Soc, Pembina LPM Detak Alinea Fisip Unand Bapak M.A Dalmenda S.Sos M.Si, Bapak Rinaldi S.Sos M.I.KOM, Bapak Muhammad Thaufan Arifuddin S.Sos M.A, Ketua AJI Padang Aidil Ichlas, Wartawan Senior Bapak Yurnaldi, LPM se Sumbar,Organisasi Mahasiswa se-Lingkup Unand.

Pendirian LPM Detak Alinea Fisip Unand didasari oleh keresahan mahasiswa yang tidak mendapatkan wadah  berpikir kritis dan tempat bertukar tambah gagasan di lingkungan mahasiswa fisip unand,LPM Detak Alinea hadir sebagai media yang informatif,kritis,solutif,dalam menjawab tantangan Gerakan Mahasiswa di era disrupsi.

Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 Fisip Unand  Dr Lucky Zamzami M.Soc. “Menyampaikan pendirian Lembaga Pers Mahasiswa Detak Alinea fisip Unand merupakan langkah awal untuk mengembalikan iklim kritis dan semangat intelektualitas mahasiswa fisip,selain itu,kami selaku pimpinan fakultas siap mendukung LPM Detak Alinea Fisip Unand dalam segi moral maupun materil’’,ujarnya.

M.A Dalmenda S.Sos M.Si Selaku Koordinator Dewan Pembina LPM Detak Alinea Fisip Unand “Mengatakan pendirian LPM Detak Alinea Fisip Unand merupakan Sejarah baru yang diukir oleh mahasiswa,Gerakan ini perlu keberlanjutan yang sistematis dan terukur,pelatihan jurnalistik secara berlanjut perlu dilakukan untuk peningkatan kapasitas tim detak Alinea,supaya detak Alinea bisa menjadi mitra kritis pimpinan kampus yang mempunyai  taring dan mitra solutif pimpinan yang bisa berunding secara akademis,kedepannya kami berharap LPM Detak Alinea bisa konsisten dalam menghidupkan Marwah pers mahasiswa di lingkungan mahasiswa maupun di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara’’,katanya.

Selain acara pelantikan LPM Detak Alinea Menggelar Diskusi Public Bertajuk “Tantangan Pers Mahasiswa Dalam Menghadapi Kemunduran Kebebasan Pers Di Era Disrupsi Informasi”,Pemateri yang hadir Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI Padang) Aidil Ichlas dan Bapak Yurnaldi selaku Wartawan Senior Sumatra barat.

Di Saat Forum Diskusi Public Bapak Yurnaldi Menyampaikan “ LPM Detak Alinea Nantinya bisa menjadi wadah belajar menulis kritis bagi mahasiswa,karna menulis merupakan skiil yang sangat dibutuhkan mahasiswa di dunia kerja,harapannya LPM Detak Alinea menjadi media informasi yang edukatif untuk mencerdaskan public,Pers Mahasiswa sangat berfungsi dalam menjaga tatanan demokarasi kampus dan demokarasi Indonesia,Kedepannya LPM Detak Alinea Fisip Unand bisa bergerak secara konsisten dan menjadi wadah mahasiswa dalam menyampaikan gagasan dan aspirasi’’,ucapnya.

Ketua AJI Padang Aidil Ichlas “Menyampaikan dengan lahirnya LPM Detak Alinea Fisip Unand Merupakan tambahan kekuatan baru bagi pers mahasiswa se Sumatra barat,dengan berbagai ragam keilmuan di fisip unand harapannya detak Alinea bisa menciptakan liputan berkualitas ditinjau dari sudut pandang sosial humaniora,selain itu Detak Alinea nantinya tidak menjadi humas kampus yang dikekang kebebasannya oleh pimpinan kampus,kalau bisa Detak Alinea  menjadi pers mahasiswa independent,Kritis terhadap problematika kampus,mampu membendung intervensi dari pihak manapun”,tegasnya.

Rangga Zamahendra Selaku Inisiator Pendirian Dan Pimpinan Umum LPM Detak Alinea yang dilantik,”Mengatakan Pendirian LPM Detak Alinea Fisip Unand Merupakan Gerakan awal untuk mewadahi mahasiswa dalam bidang kepenulisan dan mendorong mahasiswa berani lantang menyuarakan kebenaran,nantinya detak Alinea akan menjadi media yang informatif berbasis edukatif,Kritis terhadap permasalahan sosial budaya politik bangsa,kritis disini bukan asal kritis tetapi akan berlandaskan referensi akademis dan fakta lapangan yang autentik,selain itu kami siap menjadi media solutif,dengan menawarkan Solusi berbasis riset di Tengah carut marutnya permasalahan bangsa,’’ tutupnya. (Rangga Zamahendra)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top