Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Agam Mulai Patroli Kawał Hak Pilih

Bawaslu Agam saat gelar Apel Kawal Hak Pilih

Agam, cagak.id Jelang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mulai laksanakan Patroli Kawał Hak Pilih untuk memastikna hak pilih masyarakat terakomodir dengan baik.

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan dimulainya patroli pengawasan hak pilih ini ditandai dengan pelaksanaan Apel Kawal Hak Pilih pada Senin 27 Februari 2023.

“Patroli ini akan dilakukan selama masa tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih menuju pemilu 14 Februari 2024 nanti,” kata Elvys.

Ia menjelaskan Patroli Kawal Hak Pilih ini dilakukan dengan maksud memastikan masyarakat Kabupaten Agam yang telah memenuhi syarat mendapatkan hak pilihnya.\

“Patroli dilakukan oleh seluruh jajaran pengawas Bawaslu Agam hingga jajaran adHoc,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Agam.

Sementara itu, Pembina Apel Kawal Hak Pilih Eri Efendi menambahkan bahwa pihaknya akan konsisten melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih minimal dua kali dalam seminggu.

“Kegiatan pengawasan bisa berupa kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Kemudian mengajak dan memastikan mereka yang memenuhi syarat sudah terdaftar sebagai pemilih,” ujarnya.

Kemudian dikatakannya sedangkan bagi yang belum memenuhi syarat tapi terdaftar sebagai pemilih perlu diperbaiki sehingga akhirnya terjadi timbal balik.

“Meskipun saat ini Posko Kawal Hak Pilih sudah tersedia di masing-masing Kantor Sekretariat, patroli masih perlu dilakukan karena kita bekerja sifatnya jemput bola dań jajaran pengawas juga aktif langsung mendatangi kelompok rentan sehingga tidak hanya menunggu laporan di posko,” kata Eri Efendi.

Menurutnya, baru-baru ini jajaran pengawas sudah mengawasi tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dan hasil pengawasan coklit ini juga menjadi salah satu objek patroli.

“Hal ini untuk memastikan ada atau tidaknya tindak lanjut dari KPU terhadap saran perbaikan selama pengawasan,” ujarnya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top