Setelah Bahasa Inggris, Kini Nagari Manggopoh Kembangkan Bahasa Arab Untuk Generasi Muda

Kantor Wali Nagari Manggopoh di Kabupaten Agam

Agam, cagak.id Setelah Bahasa Inggris, kini Nagari Manggopoh yang terletak di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam tengah menyiapkan pengembangan Bahasa Arab.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Nagari Manggopoh, Sri Martini pada Sabtu 28 Januari 2023, dimana Pemerintah Nagari Manggopoh telah berkomitmen dalam mengembangkan bahasa asing bagi generasi di nagari itu.

“Tahun ini kita akan kembangkan satu bahasa asing lagi yaitu bahasa Arab,” ujar Sekretaris Nagari Manggopoh, Sri Martini.

Ia menjelaskan pengembangan bahasa Arab ini merupakan usulan dari MUI nagari dan kecamatan yang sudah dianggarkan dan tinggal pembahasan konsep bahan ajar.

“Gurunya kita upayakan dari pondok pesantren dan pelaksanaannya nanti dipusatkan di Perpustakaan Nagari,” kata Sri Martini yang juga merupakan pengelola Perpustakaan Nagari Manggopoh.

Menurutnya, pengembangan bahasa asing ini dilakukan untuk menyikapi perkembangan zaman, apalagi dikatakannya untuk Bahasa Arab juga dapat memperdalam pengetahuan generasi terhadap agama Islam sehingga sangat mendukung pada gerakan Nagari Madani di Kabupaten Agam.

“Bahasa Arab ini sasarannya pelajar SD dan SMP dengan jumlah 20 orang dan program ini dimulai sekitar pertengahan tahun,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Nagari Manggopoh merupakan salah satu piloting bahasa Inggris di Kabupaten Agam yang telah berlangsung sejak tahun 2021 lalu sebanyak dua kali sepekan yaitu setiap Selasa dan Kamis yang diikuti pelajar SD dan SMP dengan jumlah 15-20 orang. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top