Hadiri Khatam Quran, Bupati Eka Putra: Khatam Quran Bukan Berhenti Membaca Quran

Bupati Eka Putra saat menghadiri Khatam Quran di Masjid Ihsan Batu Basa

Tanah Datar, cagak.id Bupati Tanah Datar Eka Putra hadiri perayaan Khatam Quran ke-21 di Masjid Ihsan, Jorong Koto Baru, Nagari Batu Basa, pada Minggu 29 Januari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Eka Putra mengatakan untuk siarnya agama Islam dan ayat-ayat suci Al-Quran para santri diminta tidak hanya membacanya dan menghafalnya tapi juga mengamalkannya.

“Harapannya nanti juga disetiap jorong ada rumah tahfidz, di samping TPA atau pondok Al-Quran karena karena sejalan dengan program daerah satu rumah satu hafidz dan hafidzah sebagai upaya pemerintah daerah melahirkan anak-anak penghafal Al-Quran di Tanah Datar dan menjadikan kabupaten tahfidz,” katanya.

Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat yang bergotong royong melaksanakan Khatam Quran.

“Kepada peserta dan para orang tua bahwa setelah khatam ini bukan berarti berhenti membaca Al-Quran tapi lebih ditingkatkan lagi hingga menghafalnya serta selalu ramaikan masjid dengan shalat berjamaahdan Khatam Quran ini juga tidak seremonial perayaan semata tapi dimaknai sebagai upaya meningkatkan terus membacanya hingga hafidz dan dipahami sebagai pedoman dalam hidup ini dan membentengi diri dari arus globalisasi dan kemajuan teknologi,” ujarnya.

Menurutnya, hingga saat ini di Tanah Datar tercatat sudah ada 13 ribu anak-anak penghafal Al-Quran minimal hafal 1 juz dan itu tersebar di 14 kecamatan.

“Selain program setiap jorong ada rumah tahfidz, Pemkab Tanah Datar juga ada program lainnya seperti bajak sawah gratis, kuota pupuk bersubsidi, jaringan irigasi, makan rendang (upaya memberantas rentenir),” katanya.

Sementara itu, Ismed Suyadi Malin Mudo ketua panitia Khatam Al-Quran TPA Nur Illahi Masjid Ihsan Koto Baru Nagari Batu Basa mengatakan di Jorong Koto Baru Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan saat ini belum memiliki rumah tanfidz karena yang ada baru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA).

“Mushalla dan Surau dan itu disemarakkan dengan magrib mengaji, sesuai dengan program pemerintah daerah menyemarakkan tempat ibadah dengan kegiatan keagamaan dan magrib mengaji, tapi masih ada yang belum terlaksana yaitu program satu rumah satu hafidz dan hafidzah,” ujarnya.

Dalam hal ini, ia pun meminta baik kepada Pemkab Tanah Datar maupun DPRD untuk dapat mendirikan rumah tahfidz di Jorong Koto Baru Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan.

“Untuk perayaan Khatam Quran ini sendiri dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan ini yang ke-21,  dimana rangkaian kegiatan sudah dimulai sehari sebelumnya yaitu pemotongan sapi sebanyak tiga ekor dan pelaksanaan khatam serta  juga dilaksanakan pawai arak-arakan,” kata Ismed dihadapan Bupati Tanah Datar Eka Putra, Wakil Ketua DPRD Saidani, Pejabat Daerah, dan Tokoh Masyarakat.

Perayaan Khatam Quran di Masjid Ihsan Koto Baru Nagari Batu Basa ini diikuti oleh sebanyak 14 orang santri yaitu tujuh laki-laki dan tujuh perempuan. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top