Ubah Nasib Keluarga, Genius Umar Kirim Pemuda Pariaman ke Korea Selatan

Ubah Nasib Keluarga, Genius Umar Kirim Pemuda Pariaman ke Korea Selatan

“Saya ingin semua pemuda Kota Pariaman ini tidak ada yang menganggur, mereka harus bekerja, harus produktif, dan harus bisa bertanggung jawab kepada diri sendiri dan juga kepada keluarga.”

Demikian diungkapkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, saat melepas 42 orang peserta pelatihan welding (pengelasan) ke Kota Batam, di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Minggu (9/4/23).

Genius tidak ingin anak-anak Kota Pariaman ini hanya duduk-duduk saja di ujung kampung dari pagi sampai malam, tanpa melakukan aktivitas yang berarti untuk diri mereka dan keluarga. Keinginannya, mereka mempunyai skill (keahlian) sehingga bisa jadi pebisnis atau bekerja sesuai keahlian yang dimilikinya.

“Anak-anak yang 42 orang ini akan menjadi contoh bagi warga Kota Pariaman nantinya setelah berhasil mengubah nasib keluarganya, menjadi keluarga yang berkecukupan dan mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga.  Serta motivasi bagi generasi muda Kota Pariaman untuk bisa lebih maju kedepannya,” ujarnya.

Ubah Nasib Keluarga, Genius Umar Kirim Pemuda Pariaman ke Korea Selatan

Para pemuda calon tenaga kerja dengan skill welding (pengelasan) kapal ini akan diberangkatkan ke Batam untuk mengikuti pelatihan profesional welding selama 16 hari di LPK OTI (Geweld) Kota Batam.

Genius berpesan, mereka harus serius selama mengikuti pelatihan di Batam. Manfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sertifikat profesional welding di sana.

“Harus tepat waktu dan tanggungjawab dengan pekerjaan yang diberikan,” tegasnya.

Setelah mengikuti pelatihan selama 16 hari di Batam, akan dilanjutkan dengan kursus bahasa Korea yang difasilitasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI secara online. Kemudian, mereka siap untuk diberangkatkan ke Korea Selatan pada bulan Mei mendatang dan bekerja di perusahaan HD Hyundai’s Heavy Industry Grup, Korea Selatan, khususnya pada pekerjaan pengelasan di galangan kapal terbesar di negara itu.

Genius mengatakan, ini merupakan tindaklanjut hasil kunjungan kerjanya ke Korea Selatan beberapa waktu lalu. Ia menjemput bola dan membuka peluang kesempatan kerja ke Korea Selatan bagi anak-anak Kota Pariaman yang kurang mampu dari segi ekonomi. Namun memiliki skill dan kemampuan sesuai kriteria yang diminta oleh perusahaan tersebut.

“Kita tidak ingin anak-anak Kota Pariaman itu nganggur dan banyak duduk-duduk dikedai dan menghabiskan waktu. Kita ingin anak-anak Kota Pariaman itu sukses dirantau dan bisa membawa keluarganya keluar dari kemiskinan,” tegasnya.

Ia menuturkan, pergi merantau keluar negeri itu bagian dari pendidikan. Ia berharap nantinya anak-anak ini bisa kembali ke Indonesia dengan ilmu dan pengalaman kerja yang bisa dibagikan.

Di Korea nanti, mereka mempunyai fasilitas yang baik, dan mempunyai gaji berkisar 30-40 juta rupiah perbulan.

Sementara itu, untuk biaya pelatihan di Batam, Genius mencarinya dengan meminta bantuan CSR Bank Nagari dan Basnaz Kota Pariaman, serta lain-lainnya.

Ubah Nasib Keluarga, Genius Umar Kirim Pemuda Pariaman ke Korea Selatan

Darwin ingin mambangkik batang tarandam

“Kasihan ibu saya dia tinggal sendiri, ayah sudah tidak ada. Untuk menghidupi saya dan saudara kembar saya, ibu harus jualan goreng setiap harinya.  Karena keluarga kami memang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Tapi mau bagaimana lagi saya harus berangkat untuk bisa mengubah nasib keluarga,” ungkap Darwinsyah Putra, salah seorang peserta pelatihan.

Darwin mengungkapkan, ingin mambangkik batang tarandam. Ia ingin mengubah nasib keluarga, membahagiakan ibu dan saudara kembarnya.

‘Itulah niat saya ikut dalam pelatihan ini.  Guna mendapatkan sertifikat profesional welding sebagai salah satu syarat untuk bisa bekerja ke Korea,” tuturnya.

Darwin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Pariaman yang telah memberikan kesempatan untuk bisa bekerja di luar negeri.

“Semoga apa yang menjadi harapan Bapak Wali Kota bisa terkabul. Amanah beliau serta ibu akan saya jaga dan jalankan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Darwin. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top