Benny Utama, Bupati Pro-rakyat

Benny Utama, Bupati Pro-rakyat

Bupati Pasaman Benny Utama, dinobatkan satu diantara 16 tokoh nasional dan provinsi, sebagai peraih “Best Leader Of The Year” oleh Padang TV dalam resepsi ulang tahun ke 16, di hotel Taruntum, Jumat malam (3/03).

Penghargaan terhadap politisi dan mantan jaksa itu, sekaligus menggambarkan Benny sebagai Bupati Pasaman telah berkiprah dan berbuat nyata untuk memajukan masyarakatnya. Bupati pro-rakyat.

Di antara program unggulan Bupati Benny, adalah program kesehatan gratis secara Universal Health Coverage (UHC), sehingga Kabupaten Pasaman ditetapkan pemerintah pusat sebagai satu-satunya di Sumbar, kabupaten yang mampu melaksanakan pengobatan gratis bagi seluruh warganya.

Tidak tanggung-tanggung, Beny menyediakan anggaran untuk program kesehatan gratis ini sebesar Rp 51 Milyar. Sebuah angka yang cukup signifikan.

“Saya menilai ini sesuatu yang penting, karena menyangkut hak-hak dasar rakyat,” ujar Benny dalam berbagai kesempatan.

Program unggulan selanjutnya, adalah Pasaman Cerdas. Menggratiskan biaya bersekolah untuk seluruh jenjang pendidikan. Untuk pendidikan gratis ini, Benny mengalokasikan sebesar Rp 16 Milyar untuk satu tahun.

Program Pasaman Cerdas, dimaksudkan agar tidak ada generasi yang putus sekolah. “Kita ingin generasi Pasaman, mampu menjawab tantangan kehidupan. Mereka, dijauhkan dari generasi pengangguran,” tukas Benny.

Program unggulan ketiga yang cukup dahsyat, adalah Pasaman Beriman dan Bertaqwa (Berimtaq). Pemberdayaan 1000 orang imam masjid, mereka diberdayakan dan dilatih.

Melalui, pemberdayaan ini, bukan dimaksudkan bagaimana seorang menjadi imam-khatib yang baik, juga cara menghadapi jemaah dan metoda penyampaian ceramah, mengingat jemaan sekarang berbeda tingkat intelektual dan lingkup pergaulan.

Imam dan Khatib, adalah panutan. Tempat bertanya. Untuk itu kemampuan mereka, perlu di upgrade, termasuk metode ceramahnya. Dengan tingkat kompetensi imam-khatib, yang terukur, terwujud bacaan yang fasih sesuai makhrajul huruf, tajwid serta ada fasahan yang tepat.

Melalui program Pasaman Berimtaq ini, berharap sekaligus menyiapkan anak-anak bangsa, yang memiliki benteng keimanan dan ketaqwaan yang kokoh.

Maka, melihat tiga diantara sepuluh program utama, Bupati Benny, kita meyakini, sebagai pemimpin yang memasuki periode kedua, Bupati Benny Utama tidak hendak meninggalkan generasi yang tidak sehat, tidak cerdas dan kuat imannya.

Sebuah perwujudan dari cita-cita mulia seorang pemimpin pro-rakyat. Dan, inilah yang selalu diungkapkan Benny Utama, dalam setiap pidato; kita belum bisa memenuhi semua harapan rakyat, namun, minimal kita dapat memenuhi hak-hak dasar rakyat. Sosok ini sering menjalani rute perjalanan ke daerah-daerah yang masih perlu perhatian.

Kabupaten Pasaman berpenduduk berjumlah 301.444 Jiwa (BPS, 2021) dan luas wilayah 3.947,63 km² dengan pendapatan utama penduduk dari sektor pangan, punya produksi unik, yaitu minyak nilam. Sentuhan kepemimpinan Benny Utama – Sabar AS, program-program yang ditawarkan, diharapkan dapat membuat kabupaten ini menjadi yang terbaik. Masih banyak yang perlu dieksplorasi, semisal khazanah sejarah Tuanku Imam Bonjol, Rimbo Panti, Tugu Katulistiwa.

Melihat capaian dan program yang ditawarkan, Benny Utama layak sebagai Best Leader Of The Year, Padang TV tahun 2023. Seorang tokoh publik yang menginspirasi, bupati pro-rakyat. (*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top