Waspadai Kejahatan di Akhir Tahun, Kapolda Sumbar Ingatkan Warga Jelang Nataru

Waspadai Kejahatan di Akhir Tahun, Kapolda Sumbar Ingatkan Warga Jelang Nataru

PADANG – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) dan Polres jajaran gelar Operasi Lilin Singgalang 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 pada Kamis 22 Desember 2022.

Salah satu benntuk kesiapannya, Polda Sumbar mengawali dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, Kamis 22 Desember 2022 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.

Kapolda Sumbar dalam amanat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit mengatakan terkait kejahatan konvensional, berdasarkan anev tahun 2021, kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional.

“Kapolri menyampaikan agar meningkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal, terutama kepada masyarakat yang akan berpergian,” katanya.

Kemudian Irjen Pol Suharyono juga menambahkan bahwa kejahatan lain juga ada ancaman terorisme yang menjadi potensi gangguan yang serius seperti yang baru saja terjadi beberapa waktu lalu di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi lagi.

“Maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi-aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror,” ujarnya.

Kemudian dikatakannya terkait ancaman bencana alam, dipersiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung, disertai penguatan edukasi tanggap bencana kepada masyarakat, sehingga pihaknya mampu melakukan quick response guna memitigasi bencana.

“Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM serta melakukan monitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan serta mengimbau para pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan atau menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan, maupun kenaikan harga,” katanya.

Menurutnya apabila terdapat upaya spekulan maka akan dilakukan gakkum secara prosedural dan tidak sampai mengganggu distribusi serta ketersediaan pangan di lapangan.

“Begitu juga dengan BBM, lakukan koordinasi dengan Pertamina, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, guna memastikan ketersedian stok BBM, serta pastikan berbagai layanan pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik,” kata Kapolda Sumbar.

Kemudian dikatakannya, khusus pengamanan ibadah Natal maka pihaknya akan memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88/ AT serta melibatkan juga elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Pada pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik, serta imbau wisatawan agar mematuhi prokes dan khusus objek wisata alam, siagakan tim tanggap bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam,” ujarnya.

Sedangkan, pada pengamanan perayaan malam tahun baru, dijelaskannya akan melakukan pengetatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assesmen bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar.

“Hal ini guna mengantisipasi potensi kerumunan yang dapat menimbulkan korban dan guna mendukung berbagai upaya pengamanan pada Operasi Lilin 2022 maka akaa dioptimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan, sehingga upaya pengawasan maupun pengambilan keputusan dapat diambil secara cepat, serta tepat guna menghadapi perkembangan dinamika situasi di lapangan,” kata Irjen Pol Suharyono.

Dalam kesematan tersebut, Kapolda Sumbar juga meminta untuk memperkuat strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi dan memastikan setiap pemberian informasi tidak hanya sent, tapi juga delivered, sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan.

“Kapolri juga menggarisbawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Kapolda Sumbar juga yakin dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita

“Kepada seluruh personel pengamanan, Kapolri berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini,” katanya.

Dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022 ini, dihadiri oleh Forkopimda Sumbar (diwakili), Pejabat Utama Polda Sumbar, peserta Operasi Lilin Singgalang 2022.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top