Wako Hendri Septa Harapkan Duta GenRe Kota Padang 2023 Dukung Terciptanya Generasi Berkualitas

Wali Kota Padang Hendri Septa saat menghadiri malam puncak Duta GenRe

Padang, cagak.id Ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Padang kembali digelar di tahun 2023 dan kini telah memasuki babak grand final.

Sebanyak 25 pasang finalis yang berasal dari tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat dan perguruan tinggi di Kota Padang itu pun, saling bersaing untuk menyabet predikat Duta GenRe Kota Padang Tahun 2023 pada acara Puncak Apresiasi Malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kota Padang Tahun 2023 di Hotel Truntum, Senin 27 Februari 2023 malam lalu.

Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga selaku Ayah GenRe Kota Padang mengatakan pemilihan Duta GenRe Kota Padang sejatinya merupakan sebuah upaya Pemko Padang dalam menyiapkan generasi muda Kota Padang yang berkualitas, sehat, dan terhindar dari berbagai permasalahan remaja sekaligus menjadikan remaja yang produktif dan berdaya saing.

“Kita berharap, ajang pemilihan Duta GenRe ini bukan sekedar ajang pemilihan tahunan saja dan melalui ajang ini diharapkan para Duta Genre bisa menjadi pelopor dan motivator di tengah-tengah masyarakat nantinya, terutama sekali mensosialisasikan program GenRe di lingkungan sekolah dan kampus mereka masing-masing,” katanya.

Ia juga berharap para Duta GenRe menjadi figur yang terampil untuk dapat berperan mencegah remaja lainnya terutama dari pergaulan bebas, pernikahan dini serta penyalahgunaan narkoba dan hal negatif lainnya.

“Duta GenRe diharapkan dapat membantu mencegah dan menekan prevalensi stunting (gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak balita akibat kekurangan gizi) di Kota Padang dan semoga Duta GenRe ikut terlibat mendukung berbagai upaya yang kita lakukan dalam rangka menurunkan angka stunting yang cukup mengkhawatirkan saat ini,” ujar Hendri Septa.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Padang akan terus berupaya menyiapkan generasi-generasi andal yang dapat dibanggakan dan menjadi generasi emas di tahun 2045 sesuai yang diharapkan Presiden RI karena menurutnya generasi muda saat ini menghadapi banyak tantangan dan rintangan.

“Karena itu mereka harus dibekali dan disiapkan sehingga bisa menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing, salah satunya melalui pemilihan Duta GenRe ini,” kata Wali Kota Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A2KB) Kota Padang Eri Sendjaya mengatakan pemenang Duta GenRe Kota Padang 2023 nantinya akan mewakili Kota Padang menuju pemilihan Duta GenRe ke tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Selanjutnya, Eri Sendjaya juga menjelaskan pada pemilihan Duta Genre 2023 kali ini diikuti sebanyak 25 pasang berasal dari SLTA sederajat dan perguruan tinggi di Kota Padang dan kegiatan pemilihan diawali dengan pendaftaran peserta, talkshow, technical meeting, mengikuti masa karantina hingga menuju malam grand final.

“Proses ini berlangsung sejak bulan Desember hingga Februari 2023 adapun tema yang diangkat tahun ini yakni Carita Svarga Dwipantara Acintia yang artinya program remaja menciptakan integritas keberagaman nusantara sebagai promotor generasi berencana,” Catania.

Senada dengan itu, Bunda GenRe Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa turut menyambut baik dan mengapresiasi atas telah terselenggaranya ajang Pemilihan Duta GenRe Kota Padang Tahun 2023.

“Alhamdulillah, selamat kepada 25 pasangan yang telah terpilih sebagai Duta GenRe Kota Padang 2022. Semoga kita semua nantinya mampu menjalankan peran yang berfokus dalam peningkatan kualitas remaja di Kota Padang,” ujar Istri Wali Kota Padang. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top