Wako Hendri Septa Berterima Kasih Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL di Tarantang

Wako Hendri Septa Berterima Kasih Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL di Tarantang

PADANG, Cagak.id – Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang secara langsung menyerahkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi warga Kota Padang yang berada di Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki).

Menteri Hadi Tjahjanto juga menyerahkan satu sertifikat tanah wakaf bagi Musala Al-Ikhlas yang berlokasi di Kelurahan Tarantang.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali atas penyerahan sertifikat tanah milik warga melalui program PTSL ini. Hal ini sangat membantu masyarakat yang memiliki tanah selama ini namun belum disertifikatkan,” Kata Wali Kota Padang sewaktu mendampingi Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto saat menyerahkan langsung 10 sertifikat tanah program PTSL dan satu sertifikat tanah wakaf bagi Musala Al-Ikhlas di Kelurahan Tarantang, Rabu (21/6/2023) pagi.  Hendri bersyukur atas kepastian hak tanah bagi mereka kini terwujud melalui bantuan program sertifikasi tanah dari program strategis nasional (PSN) tersebut,”

Sementara itu, Menteri ATR Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan Kementerian ATR/BPN akan terus berupaya membantu sertifikasi hak atas tanah masyarakat di Indonesia melalui program PTSL.

“Selain itu kita juga akan melaksanakan gerakan nasional dalam mensertifikatkan tanah-tanah wakaf seperti tempat-tempat ibadah di Indonesia. Saya harapkan pemerintah daerah dan kantor pertanahan setempat mendukung upaya ini,” ujar Menteri.

Wako Hendri Septa Berterima Kasih Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL di Tarantang

Menteri Hadi menambahkan, saat menyerahkan sertifikat tanah milik warga program PTSL saat itu ia memuji pelaksanaan PTSL berjalan lancar di Kota Padang alias tanpa dipungut biaya. Ia menjelaskan, program PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

“PTSL adalah program sertifikasi tanah gratis dari pemerintah, hal ini dikarenakan masih banyaknya tanah milik warga yang belum bersertifikat. Maka dari itu kepada seluruh masyarakat kita minta segera daftarkan tanah miliknya ke kantor pertanahan setempat hingga disertifikatkan melalui program PTSL nantinya,” imbaunya.

Lebih jauh Menteri ATR/BPN menuturkan program PTSL atau sertifikasi tanah tersebut punya nilai ekonomi, dengan arti bisa digadaikan untuk usaha dan semacamnya oleh warga yang telah mendapatkan sertifikat.

“Untuk targetnya 125 juta bidang tanah, sekarang sudah 103,1 juta bidang (tanah) sudah didaftarkan. Semoga dalam waktu yang tak begitu lama semuanya bisa didaftarkan dan disertifikatkan,” tukas mantan Panglima TNI yang disambut antusias masyarakat saat itu.

Dalam kesempatan itu Menteri Hadi Tjahjanto juga didampingi Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Dapil Sumbar II Guspardi Gaus, pejabat Kanwil ATR/ BPN Sumbar serta Kepala Kantor Pertanahan Kota Padang Alim Bastian.

Selain itu juga hadir Kapolresta Kota Padang Kombes Pol Ferry Harahap beserta unsur Forkopimda Kota Padang lainnya, Plh Sekda Kota Padang Arfian bersama sejumlah pimpinan OPD terkait serta Camat Luki Elfian Putra Ifadi dan Lurah setempat. (Cgk)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top