Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah

Padang, Cagak.id—Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah XXVIII,  Pemerintah Kota Padang  menggelar upacara peringatan di Lapangan Balai Kota Aia Pacah, Kamis (02/05/2024).

Peringatan dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa yang menyampaikan pidato dari Mendikbudristek dan Mendagri.

“Lima tahun terakhir merupakan waktu yang mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan Pendidikan Indonesia,” katanya.

Lanjutnya, tantangan yang dihadapi adalah pandemi, mengubah proses belajar mengajar. Pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar,” imbuhnya.

Selain memperingati Hardiknas yang mengangkat tema ‘Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar’, juga diperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII dengan tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’.

“Otonomi Daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi. Kebijakan Otonomi Daerah memberikan keleluasaan pemerintah daerah untuk eksperimentasi kebijakan untuk mendorong teknologi hijau. Kemendagri juga berkomitmen memfasilitasi produk hukum daerah yang berfokus pembangunan ekonomi hijau untuk mencapai keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan  masyarakat  secara holistik,” jelasnya.

Dijelaskannya, Otonomi Daerah telah memberi dampak positif berupaya meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal.

“Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah, semoga Allah memberi petunjuk, bimbingan, perlindungan dan pertolongan kepada kita dalam upaya membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” tutupnya.

Di akhir acara, juga diserahkan penghargaan di berbagai kategori di antaranya terbaik I Kepala SMP Inovatif (Junaidi), terbaik I Tenaga Administrasi Sekolah Inovatif (Hayyu Lazvi Yeza), terbaik I Guru TK Inovatif (Lia Irma Juita), terbaik II Tenaga Perpustakaan Sekolah Inovatif (Rara Asta Breta) kemudian terbaik II Kepala Sekolah TK Inovatif (Lusyana Megasari).

Di kesempatan yang sama juga diserahkan penghargaan bagi pemenang lomba video kreatif promosi UMKM, lomba video kreatif edukasi kebersihan pantai dan  lomba video kreatif Padang Bagoro. Selain itu juga dilakukan penyerahan dua  buku yang berjudul yaitu ‘Bergerak dan Berbagi Praktik Baik di Sekolah’ dan ‘Sukses Mencapai Penggalang Ramu’ sekaligus pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top