Tingkatkan Pelayanan Pengaduan Masalah Tanah, Hendri Septa Luncurkan Aplikasi Klinik Sultan

Wako Hendri Septa saat meluncurkan Aplikasi Klinik Sultan
Pemko Padang terus tingkatkan kemudahan dan pelayanan kepada masyarakat terkait pengaduan permasalahan tanah di Kota Padang.
Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi ‘Klinik Sultan’ atau Klinik Konsultasi Pertanahan bersama PDinas Pertanahan Kota Padang.
Aplikasi Klinik Sultan ini secara resmi diluncurkan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Jumat 30 Desember 2022 kemarin.
“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanahan Kota Padang yang telah membuat inovasi terbarukan ini. Semoga dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengadukan permasalahan tanah yang dimiliki,” kata Wako Hendri Septa.
Hendri Septa mengatakan bahwa Pemerintah Kota Padang terus berupaya mewujudkan pelayanan publik prima bagi masyarakat terutama di era digitalisasi saat ini dengan memaksimalkan layanan pengaduan secara daring (online).
“Kami berharap dengan adanya aplikasi Klinik Sultan ini, pengaduan – pengaduan masyarakat dapat secara cepat ditindaklanjuti. Kemudian kami berharap juga layanan pengaduan ini juga dapat diakses, bukan hanya di Kota Padang dan Sumatera Barat saja namun seluruh wilayah Indonesia,” ujar Wako Padang.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan Kota Padang Rudy Rinaldy mengatakan aplikasi Klinik Sultan dibuat sebagai wadah bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan pengaduan, permohonan, keluhan dan permasalahan tanah yang dimiliki.
“Aplikasi Klinik Sultan ini memiliki 8 jenis pelayanan dan setiap pelayanan disertai penanggung jawab,” katanya.
Ia merinci bahwa 8 jenis pelayanan tersebut yaitu konsultasi masalah pertanahan, informasi peruntukan ruang atas tanah, informasi pertanahan, mediasi sengketa pertanahan, dasar-dasar ilmu pengukuhan tanah, information lokasi tanah, dokumentasi pengadaan tanah, permintaan narasumber tentang pertanahan.
“Masyarakat kini bisa mengakses langsung aplikasi yang berbasis website ini di www.gispertanahan.padang.go.id. Semoga dengan adanya aplikasi ini, laporan dan pengaduan masyarakat yang masuk, terkait masalah tanah di Kota Padang satu persatu dapat kita bantu,” kata Rudy Rinaldi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top