Tingkat Kegemaran Membaca Kota Padang Meningkat, Kadisperpusip: Literasi Masyarakat Kian Menguat

Anak-anak saat membaca buku-buku di sekolah ketika istirahat sekolah
Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Kota Padang meningkat di tahun 2022 seiring meningkatnya kegemaran membaca masyarakat.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Ferimulyani Hamid mengatakan naiknya TGM padang dibandingkan tahun 2021 diharapkan akan semakin menguatkan literasi di tengah masyarakat.
“TGM Kota Padang naik dibanding tahun sebelumnya, saat ini Padang termasuk kategori tinggi dalam kegemaran membaca masyarakatnya,” ujar Kadisperpusip Padang, Senin 9 Januari 2023.
Ia menjelaskan bahwa angka TGM Kota Padang pada tahun 2022 yaitu 66,49 naik dibandingkan tahun 2021 yaitu berada di angka 58,95.
“Di tahun 2022 naik sebesar 7,54 poin dan salah satu penyebabnya adalah tingginya budaya membaca di masyarakat dengan berbagai program literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang seperti bedah buku, kegiatan perpustakaan keliling, read aloud, story telling oleh Uni Puspa yang merupakan inovasi perpustakaan Padang,” katanya.
Selain itu, dikatakannya juga Taman Bacaan Masyarakat (TBM) juga sudah mulai banyak yang aktif sehingga ke depannya Dinas Perpusip optimis TGM Kota Padang pada tahun depan akan lebih tinggi lagi.
“Apalagi kendaraan operasional pustaka keliling sudah bertambah pada tahun 2023 ini dan perpustakaan nasional telah memberikan bantuan kendaraan operasional pustaka keliling bagi Padang,” ujar Ferimulyani.
Menurutnya, tahun 2024 pihaknya sudah mempunyai gedung layanan pustaka yang representatif sehingga dengan begitu angka Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) akan kian menguat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top