Tiga Badan Publik Sumbar Hadapi Uji Kepatutan Anugerah TinarBuka 2023

Tiga Badan Publik Sumbar Hadapi Uji Kepatutan Anugerah TinarBuka 2023

Serpong, cagak.id–Tiga badan publik dari Sumatera Barat (Sumbar) hadapi Uji Kepatutan Anugerah TinarBuka 2023. Ketiga badan publik itu terbagi pada tiga kategori, Bawaslu Sumbar (kategori Badan Publik Penyelenggara Pemilu), Sekretariat DPRD Sumbar (kategori Orgnisasi Perangkat Daerah) dan Fadly Amran (Walikota Padang Panjang) kategori kepala daerah.

“Insya Allah kita sudah siap luar dalam hadapi penelis pada uji kepatutan Anugerah TinarBuka yang digelar hari ini di Serpong, Tangerang, Banten,” ujar Sekwan DPRD Sumbar, Raflis, usai pembukaan uji kepatutan di Atria Hotel, Senin (27/3/2023).

Raflis bersama Alni dari Bawaslu Sumbar dan Fadly Amran optimis memberikan yang terbaik untuk Sumbar. Ketiga badan publik ini untuk Sumbar sudah teruji, seperti Sekretariat DPRD Sumbar yang kaya inovasi.

“Kita melayani dengan memberikan¬† kemudahan serta kenyamanan kepada masyarakat pemohon informasi dengan memanfaatkan inovasi berbasiskan kecanggihan sisten dan teknlogi informasi saat ini. Selain itu untuk penguatan pelayanan keterbukaan informasi publik, mulai ketua dan wakil ketua serta anggota DPRD Sumbar memberikan dukungn optimal untuk kerja kerja keterbukaan onfprmaso publik ini,” ujar Raflis.

Bahkan, kata Raflis, sebelum menghadapi Uji Kepatutan, pihak PPID Pelaksana DPRD ini juga melapor dan mohon arahan serta dukungan dari Gubernur Sumbar.

“Begitu masuk nominasi, kita langsung melapor kepada Gubernur Sumbar, Pak Mahyeldi langsung bangga terhadap Setwan DPRD Sumbar yang bersama Bawaslu dan Walikota Padang Panjang mewakili Sumbar di TinarBuka 2023,” ujar Raflis.

Sekwan DPRD Sumbar tercatat di monitoring evaluasi KI Sumbar berprediket informatif dua kali berturut-turut dan menjadi satu-satunya OPD Sekwan DPRD se Indonesia yang menjadi nominasi Anugerah TinarBuka.

“Ya dari kategori OPD atau SKPD, Sekwan DPRD Sumbar satunyanya Sekwan se Indonesia masuk nominasi TinarBuka 2023 ini,” ujar Kabag Persidangan Setwan DPRD Sumbar Zahardi bersama Pelaksana pengelola PPID Pelaksana Setwan DPRD Sumbar, Idris.

Sedangkan Ketua Bawaslu Sumbar Alni menargetkan terbaik pertama di Uji Kepatutan TinarBuka 2023 ini.

“Kita sudah di-coaching oleh Bawaslu RI sebelum uji kepatutan ini, Insya Allah target terbaik pertama di kategori Badan Publik Penyelenggara Pemilu se Indonesia,” ujar Alni.

Anugerah TinarBuka 2023 adalah penghargaan pertama dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat dalam rangka Hari Keterbukaan Informasi Publik.

“Ini perdana merupakan anugerah struktural tentang keterbuakan infomasi publik. Anugerah TinarBuka ini pada uji kepatutan kolaborasi KI Pusat bersama kementeroan seperti Kemenko Polhukam, Bapenas dan Kemenpan RB,” ujar Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoto.

Anugerah TinarBuka direncanakan diserahkan Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional di Kampar 4 Mei 2023. (CGK/Rilis)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top