Tatap Muka dengan Penerima PKH, Eka Putra Berharap Gunakan Bantuan Sesuai Kebutuhan

Tatap Muka dengan Penerima PKH, Eka Putra Berharap Gunakan Bantuan Sesuai Kebutuhan

Tanah Datar, cagak.id–Pemerintah Daerah Tanah Datar terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan dengan meluncurkan berbagai program bantuan guna untuk mensejahterahkan masyarakat, salah satunya adalah program pemberian bantuan sosìal kepada keluarga yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk itu diharapkan masyarakat penerima manfaat melalui program tersebut diharapkan bisa memanfaatkan bantuan untuk hal-hal yang benar-benar prioritas dan sesuai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra,  saat menghadiri pembinaan kepada KPM PKH Kecamatan Tanjung Emas, di Masjid Jamik Ludai Nagari Pagaruyung dan Masjid Syuhada Nagari Saruoso, Selasa (30/5/2023).

Lebih lanjut, Eka Putra menyampaikan melalui kegiatan pembinaan ini Pemerintah bisa memonitor langsung kepada masyarakat penerima manfaat.

“Mari kita syukuri rezeki yang diberikan Allah SWT, manfaatkan bantuan ini sebaik mungkin, gunakan untuk hal-hal yang benar-benar prioritas dan dibutuhkan jangan gunakan untuk yang lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tanah Datar, Afrizon mengatakan jumlah penerima manfaat PKH dari tahun sebelumnya turun, hal ini tentu juga dipengaruhi dengan semakin membaiknya perekonomian masyarakat bahkan dari tahun 2022 sampai saat ini sudah ada kesadaran dari penerima PKH yang sudah mandiri sebanyak 57 KK dan telah mengundurkan diri sebagai penerima manfaat PKH.

“Khusus untuk kecamatan Tanjung Emas sebanyak 275 KK penerima PKH dengan rincian Nagari Saruaso 187 KK, Nagari Pagaruyung 88 KK. Alhamdulillah, tahun ini ada 1 KK yang mengundurkan diri dari daftar penerima karena sudah mandiri,” terangnya.

Bantuan tersebut, kata Afrizon, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, menciptakan perubahan prilaku kemandirian keluarga penerima manfaat dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. (cgk)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top