Sumbar Berduka, Gubernur Dua Periode Azwar Anas Meninggal Dunia

Sumbar Berduka, Gubernur Dua Periode Azwar Anas Meninggal Dunia

Jakarta, cagak.id – Sumatera Barat berduka, salah seorang putra terbaik ranah minang meninggal dunia pada Minggu 5 Maret 2023 sekira pukul 11.42 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Dialah Letjen TNI (Purn.) Ir. H. Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman yang lahir pada 2 Agustus 1933 dan merupakan seorang tentara, birokrat, politikus dan administrator sepak bola Indonesia.

Semasa hidupnya, almarhum Azwar Anas pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Pembina Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) dan dipercaya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998).

Kemudian kepiawaiannya pun juga mengantarkannya menjabat sebagai Menteri Perhubungan Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988–1993).

Namun sebelumnya, ia pun pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatra Barat selama dua periode (1977–1987).

Sebelumnya, Wali Kota Padang Hendri Septa yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Pulau Jawa pun menyempatkan diri bersama jajaran membesuk mantan Menko Kesra dan Menteri Perhubungan era Presiden Soeharto tersebut pada Rabu 15 Februari 2023.

Wali Kota Padang yang datang ke RSPAD Gatot Subroto ini didampingi langsung oleh sejumlah pimpinan OPD diantaranya Kepala BKPSDM Arfian, Kepala Bapenda Yosefriawan serta Kepala Dinas Sosial Ances Kurniawan dan Kabag Prokopim Amrizal Rengganis.

Ia mengatakan atas nama pribadi, Pemerintah Kota Padang dan warga Kota Padang turut prihatin atas kondisi Azwar Anas yang tengah terbaring sakit seperti saat sekarang ini.

“Semoga dengan pengobatan yang intensif beliau, putra terbaik ranah Minang tersebut dapat segera pulih dan bisa berkumpul lagi dengan keluarga,” ujarnya mendoakan saat disambut hangat oleh putra sulung dan anak bungsu H. Azwar Anas. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top