Studi Tiru ke Padang, Diskominfo Kabupaten Barito Kuala Sambangi Diskominfo Padang

Rombongan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan saat lakukan studi tiru ke Diskominfo Padang

Padang, cagak.id Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan lakukan studi tiru ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Senin 6 Maret 2023 kemarin.

Kunjungan Diskominfo Kabupaten Barito Kuala ini dilakukan untuk melihat ‘dapur’ milik Diskominfo Padang dan didampingi oleh Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Barito Kuala. 

Dalam kesempatan tersebut, rombongan disambut langsung oleh Asisten I Pemerintah Kota Padang Edy Hasymi yang menyampaikan beberapa hal terkait Kota Padang serta gambaran koordinasi dan sinergi dengan Diskominfo Padang.

“Kota Padang, berdasarkan data BPS dihuni oleh hampir satu juta penduduk. Sumber perekonomian masyarakat Kota Padang didominasi oleh pariwisata, kuliner dan UMKM, perdagangan. Sesuai dengan misi Walikota Padang, kita terus mengusahakan untuk menggenjot pariwisata dengan berbagai cara,” katanya.

Ia menjelaskan dalam mengembangkan pariwisata seluruh OPD harus bekerjsama dan Diskominfo dalam hal ini berperan untuk mengoptimalkan informasi keparawisataan dan segala sektor ke berbagai platform yang ada.

“Bahkan Diskominfo juga mengembangkan jaringan, mengoptimalkan penyebaran informasi ke berbagai platform yaitu instagram, youtube, facebook, serta podcast dengan bintang tamu kepala OPD, unit kerja, serta berbagai tokoh,” ujarnya dihadapan 13 anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Kuala Agung Purnomo mengatakan kunjungan ini selain untuk memperkaya inovasi bagi Diskominfo juga bertujuan menjaga silaturahmi.

Kemudian Kepala Diskominfo Kabupaten Barito Kuala Hery Sasmita menjelaskan pihaknya perlu belajar terkait inovasi yang ada di Diskominfo Padang dan mengapresiasi masing-masing empat bidang yang ada di Diskominfo Padang.

“Kami mohon arahan dan bimbingan Diskominfo Padang dan kami berharap nantinya ada program dan inovasi yang bisa diadopsi, kalau ada yang bisa kita kerjasamakan akan lebih baik lagi,” katanya yang juga didampingi Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, Zamruni. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Diskominfo Boby Firman berkesempatan menyampaikan bahwa pihaknya saat ini tengah menggiatkan penyebaran informasi dan komunikasi publik.

“Semua informasi pemberitaan Kota Padang dimuat di Diskominfo. Tahun ini kita meraih Peringkat 1 Media Center dengan 18 media yang kerjasama dan kontributor,” katanya.

Selain itu, terkait IT maka Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi Informasi Fauzan Ibnovi mengatakan Diskominfo Padang juga mengatur seluruh jaringan dan server OPD, dimana saat ini sekitar 21 OPD yang servernya di bawah komando Diskominfo Padang. 

Sementara, Kepala Bidang e-gov Romy Elpasegas menyampaikan, guna mengoptimalkan informasi terkait Kota Padang, pihaknya membangun aplikasi berbasis visual. Kemudian sistus vr.padang.go.id memuat informasi berbasis peta hingga menjangkau wilayah udara. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top