Serapan Anggaran 23 Persen, Sekda Imbau OPD Optimalkan Kinerja

Serapan Anggaran 23 Persen, Sekda Imbau OPD Optimalkan Kinerja

Padang, cagak.id–Memasuki pertengahan tahun 2023, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar mengimbau seluruh perangkat kerja daerah untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program pembangunan. Hal itu dituturkannya dalam Apel Gabungan di Balaikota Padang, Senin, (29/5/2023).

“Kita sudah masuk ke akhir semester pertama tahun ini. Lakukan segera semua pekerjaan yang sudah direncanakan, penyerapan anggaran rata-rata masih 23 persen. Percepat pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan, jangan ditunda-tunda,” tutur Andree di hadapan ratusan ASN Pemko Padang.

Ia juga menuturkan agar seluruh laporan kinerja yang harus disampaikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat harus segera dilaksanakan. Sebab, laporan tersebut merupakan tugas pokok.

Tidak hanya itu, untuk mencapai kinerja yang optimal Andree meminta seluruh satuan kerja agar saling berkontribusi satu sama lain. Kekompakan dan kerja sama dalam melaksanakan tugas akan mempermudah mencapai dan mensukseskan program kerja.

“Jagalah komunikasi dan kekompakan. Jangan bekerja sendiri-sendiri, kita ini pelayan masyarakat. Tingkatkan inisiatif, paling tidak mulai dari hal-hal kecil untuk menimbulkan inisiatif itu,” tuturnya.

Selain itu, Andree juga menyebutkan akan ada kewajiban bagi tenaga ASN dan non ASN di lingkungan Kota Padang untuk menjadi nasabah bank sampah. Kewajiban nasabah bank sampah itu nanti adalah memisahkan sampah organik dan non organik.

“Tidak ada lagi pegawai yang minum dengan menggunakan gelas plastik. Kita di Kota Padang dalam sehari saja, lebih kurang 500 ton sampah yang didistribusikan ke TPA. Kalau bukan kita yang memulai siapa lagi, kurangilah penggunaan sampah plastik,” tekannya.

Kemudian Andree juga menyoroti kewajiban setiap OPD dalam Hari Raya Idul Adha nantinya. Ia menekankan agar seluruh OPD segera menyegerakan komitmen “satu OPD satu sapi” untuk tahun 2023.

“Ini wujud loyalitas kita. Tolong dipercepat untuk mengadakan satu sapi Hari Raya Idul Adha tahun ini. Silahkan nanti berkreasi mau undang saudara, tetangga, siapapun saat pemotongan sapi itu,” tutupnya. (fahmi/kominfo)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top