Selamat… Desa Wisata Silokek Raih Penghargaan Pariwisata Berbasis Masyarakat Terbaik se-ASEAN

Selamat... Desa Wisata Silokek Raih Penghargaan Pariwisata Berbasis Masyarakat Terbaik se-ASEAN

Yogyakarta, cagak.id–Desa Wisata Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, menerima penghargaan Pariwisata Berbasis Masyarakat Terbaik se-ASEAN.

Pengumuman penghargaan itu disampaikan pada acara ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta, Minggu (5/2/2023). Silokek bersama empat wisata lainnya di Indonesia berhasil memenangkan penghargaan bergengsi kelas internasional oleh ASEAN Tourism Standard pada kategori Community Based Tourism (CBT). Selain Silokek, Desa Wisata Pentingsari (Yogyakarta); Desa Wisata Pemuteran (Bali); Desa Wisata Wae Rebo (NTT) dan Desa Wisata Tamansari (Jawa Timur), juga menerima penghargaan serupa.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada Pengelola Desa Wisata Silokek Rubis Orlando.

“Alhamdulillah. Berkat kerja keras pengelola yang terus komit dan konsisten didukung Disparpora Pemkab Sijunjung, pegiat wisata serta berbagai pihak lainnya, Silokek bisa mendapatkan penghargaan tingkat ASEAN. Semoga ini bisa membawa Silokek lebih dikenal oleh wisatawan dunia, meningkat kunjungan dan berdampak ekonomi bagi warga Sijunjung,” ungkap Sekretaris Daerah Sijunjung, Zefnihan.

Dijelaskan Zefnihan, sejak dikelola secara baik serta dilengkapi berbagai fasilitas bagi wisatawan di kawasan Silokek, kunjungan wisatawan terus meningkat. Bahkan, terakhir juga ada pengunjung dari sekolah-sekolah dan kampua penelitian berkaitan potensi bebatuan geologi yang ada di Slokek. Begitu pula dengan adanya iven seperti Geopark Run yang menarik wisatawan berkunjung.

“Terakhir juga ada kunjungan dari ITB, rame-rame ke kawasan yang kita namakan Geopark Ranah Minang Silokek,” tambahnya.

Penyerahan “ASEAN Tourism Award 2023” bersamaan dengan even ASEAN Tourism Forum (ATF) yang merupakan forum pariwisata terbesar se-ASEAN yang bertujuan mempromosikan kawasan ASEAN sebagai destinasi utama.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengucapkan selamat kepada desa-desa wisata yang mendapatkan penghargaan.

“Selamat kepada desa-desa pemenang! Semoga desa wisata Indonesia makin maju, makin indah, dan mampu membangkitkan perekonomian lokal!” ungkapnya. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top