Sejumlah OPD Optimis Kampung KB Bukit Karan Kota Padang Terbaik di Sumbar

Sejumlah OPD Optimis Kampung KB Bukit Karan Kota Padang Terbaik di Sumbar

Padang, cagak.id–Kampung KB Bukit Karan Kecamatan Padang Selatan, kembali masuk dalam nominasi penilaian Kampung KB terbaik tingkat Sumatera Barat tahun 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Eri Sendjaya, merasa optimis Kampung KB Bukit Karan menjadi yang terbaik pada penilaian tahun 2023 ini.

“Kita sangat optimis, karena Kampung KB Bukit Karan sebagai Kampung KB Mandiri, telah memiliki semua syarat yang dibutuhkan baik secara administrasi maupun pengelolaannya,” kata Eri Sendjaya¬†di hadapan tim penilai lomba Kampung KB tingkat Provinsi di aula Kantor Camat Padang Selatan, Kamis (30/03/2023).

Ia menilai, keberadaan Kampung KB Bukit Karan juga telah memberi dampak yang sangat positif terhadap perkembangan wilayah dan warga di segala sektor seperti pendidikan, kesehatan, maupun sektor ekonomi. Selain itu kata Kadis, adanya sinergitas dan dukungan lintas sektor juga merupakan salah satu nilai tambah. Ini dibuktikan dengan hadirnya sejumlah Kepala OPD di jajaran Pemerintah Kota Padang.

Sementara Ketua Tim Penilai, Rusda Khairati, mengatakan faktor yang menjadi kunci sebuah Kampung KB yakni, keaktifan Pokja di tingkat kabupaten/kota dan tingkat kelurahan.

“Adanya sinergi dimana Pokja tingkat kelurahan menyajikan data terkait kebutuhan masyarakat, sementara Pokja tingkat kabupaten/kota memberi supply terhadap kebutuhan tersebut,” katanya.

Selain itu hal lain yang juga sangat menentukan adalah, komitmen kuat pemangku kebijakan, intensitas opini publik terhadap program KKBPK dan integrasi dengan lintas sektor, optimalisasi fasilitas dan dukungan mitra kerja, serta partisipasi aktif masyarakat.

Ketua Pokja Kampung KB Bukit Karan Serka Iwan AP menjelaskan, keberadaan Kampung KB Bukit Karan merupakan murni keinginan masyarakat untuk membangun wilayah dan meningkatkan kualitas hidup di semua sektor. Iwan mengatakan, sejak berdiri pada akhir 2019, kita sudah banyak mendapat intervensi program dari pemerintah, mulai adanya PAUD, posyandu, pembinaan remaja, KUBE, pelatihan keterampilan dan lainnya.

“Semuanya terintegrasi di Rumah Dataku, selain itu kita juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti anggota dewan, BNNP hingga BUMN,” kata Iwan.

Selain Kepala DP3AP2KB, tampak hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Feri Mulyani Hamid, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan Yudo Indra Syani, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ferri Elviyan Rinaldy, Plh Camat Padang Selatan Tarmizi Ismail, Kabid Pengendalian Penduduk Andi Amir dan sejumlah perwakilan OPD di jajaran Pemko Padang. (CGK/MC Padang)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top