Sarapan Bareng Pejuang Kebersihan, Wako Hendri Septa Harapkan Ini

Sarapan Bareng Pejuang Kebersihan, Wako Hendri Septa Harapkan Ini

Padang, cagak.id Wali Kota Padang gelar jamuan sarapan pagi bersama ratusan pejuang kebersihan Kota Padang di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang pada Senin 20 Februari 2023.

Hendri Septa didampingi Kabag Prokopim Amrizal Rengganis dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mairizon mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian para petugas pejuang kebersihan yang telah tanpa kenal waktu membuat Kota Padang sebagai rumah bersama menjadi bersih dan indah.

“Bersyukur bisa bersilaturahim dengan pekerja lapangan atau pejuang kebersihan di DLH Padang yang telah bekerja tanpa mengenal waktu dan membuat rumah kita yaitu Kota Padang ini menjadi bersih dan indah,” katanya.

Sebagai pemimpin, ia mengaku sangat suka berkeliling menemui masyarakat baik ASN atau petugas yang bekerja di lapangan karena dapat menerima langsung masukan dan keluhan masyarakat yang ada di Kota Padang.

“Saya berterima kasih kepada bapak, ibu, uda, dan uni semua, dimana kita semua berharap mudahan tahun ini kita mendapatkan kembali Penghargaan Adipura karena memang sudah lama kita tunggu sejak 2018 lalu meraih Adipura. Dan setelah itu ternyata tidak ada lagi penilaian yang dilakukan karena kondisi,” ujarnya.

Dihadapan ratusan petugas kebersihan tersebut, Wali Kota Padang berharap Penghargaan Adipura Tahun 2022 dapat diraih kembali oleh Kota Padang dan pihaknya berjanji akan memberikan reward kepada petugas kebersihan sebagai bonus nantinya.

“Harapannya tahun ini kita dapat Adipura dan kita bisa pergi jalan-jalan yang sebelumnya kita lakukan arak-arakan memberitahukan kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan Kota Padang,” kata Hendri Septa.

Dikatakannya, untuk mencapai semua itu dijelaskannya bahwa Pemko Padang akan berkoordinasi dengan camat hingga lurah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan baik di lingkungan terdekat maupun Kota Padang secara luas.

“Sebenarnya saya sedih melihat sampah dimana-mana, apalagi yang membuang ke sungai karena sampah tersebut nantinya akan mengendap dan sewaktu-waktu akan keluar kembali saat air deras yang akhirnya terkumpul di Pantai,” ujar Wako Padang.

Kemudian melalui dinas terkait pihaknya terus mengimbau dan menekankan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan serta terua melakukan sosialisasi kebersihan agar Kota Padang tetap bersih dan indah.

“Masyarakat yang buang sampah akan disanksi dan kita Pemko Padang serius akan hal ini, dimana siapa yang buang sampah akan didenda,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Padang juga menginformasikan bahwa Kota Padang akan menerima bantuan hibah dari Kementerian LHK berupa teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) untuk pengolahan sampah di Kota Padang,

“Beberapa waktu lalu pun kita juga baru kembali dari kunjungan kerja terkait pengolahan sampah ini yaitu ke Kabupaten Cilacap dan Kota Cilegon yang telah melakukan pengolahan sampah ini menjadi sebuah sumber energi dan untuk Kota Padang kita akan bekerjasama dengan PT Semen Padang dan PLTA Teluk Sirih yang akan memanfaatkan energi yang dihasilkan tersebut untuk bahan bakar,” ujarnya.

Sehingga dikatakannya, sampah Kota Padang yang berada di Air Dingin berkurang dan menurun serta kembali diingatkannya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengajak semua warga Padang menjaga kebersihan.

Kemudian Kepala DLH Padang Mairizon mengatakan sarapan bersama Wali Kota ini dihadiri oleh ratusan petugas kebersihan yang sehari-hari bekerja di lapangan menyapu dan membersihkan Kota Padang.

“Mereka yang hadir adalah petugas yang sudah bekerja mulai dari pukul 05.15 WIB atau setelah salat Subuh dan untuk hari ini kami telah informasikan agar pekerjaannya dilakukan lebih cepat karena ada undangan jamuan sarapan bersama Bapak Wali Kota Padang,” katanya.

Kepada Wali Kota Padang, Kepala DLH Padang menginformasikan bahwa DLH Padang memiliki sebanyak 922 orang pegawai, dimana di antaranya sebanyak 236 orang adalah ASN, 300 orang P3K, dan 386 orang adalah honorer.

“Lebih kurang 70 persen pegawai DLH adalah honorer dan P3K serta terima kasih kepada Pak Wali Kota Hendri Septa yang telah memberikan kepeduliannya kepada kami, salah satunya dengan menaikkan gaji kawan-kawan di P3K,” katanya.

Ia berharap semoga petugas kebersihan baik di lapangan atau pegawai di kantor DLH dapat bekerja maksimal sehingga Kota Padang dapat menjadi bersih, indah, dan asri serta keinginan meraih Adipura tahun ini dapat terwujud. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top