Sambut Perantau Pulang Kampung, Kota Padang Siapkan Iven Menarik Saat Lebaran Mendatang

Sekda Kota Padang saat membahas Calendar of Event Pariwisata Kota Padang 2023
Pemerintah Kota Padang beberapa waktu lalu baru saja meluncurkan kalender iven tahun 2023 yang dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa pada Selasa 10 Januari 2023 di Hotel Axana.
Tercatat sebanyak 46 iven nantinya akan disuguhkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang, salah satunya yaitu perantau asal Padang yang ada di rantau.
Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar di Balai Kota Padang mengatakan Pemko Padang telah menyiapkan berbagai iven menarik yang nantinya akan dinikmati oleh wisatawan, khususnya perantau.
“Untuk perantau, tentunya bakal senang saat pulang kampung pada lebaran mendatang, pasalnya mereka akan disuguhi iven menarik yang telah kita siapkan,” katanya, Jumat 13 Januari 2023.
Menurutnya beberapa iven menarik yang akan disuguhi pada saat Lebaran atau waktu libur Idul Fitri yaitu Festival Muaro.
“Di Festival Muaro ini nantinya terdapat sejumlah rangkaian acara seperti selaju sampan, festival bakcang dan lamang baluo, festival marandang, serta fashion carnaval, dimana kegiatan ini┬ákita pusatkan di Muaro dan di bawah Jembatan Siti Nurbaya,” ujar Sekda.
Ia memprediksi, jumlah kunjungan wisatawan serta perantau yang datang ke Padang akan melonjak dari tahun sebelumnya.
“Sebanyak 1,2 juta wisatawan berkunjung ke Padang saat libur lebaran tahun 2022 lalu dan perputaran uang ketika itu sebanyak Rp72 miliar serta tahun ini kita optimis jumlah kunjungan akan lebih meningkat,” katanya.
Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa saat meluncurkan Calendar of Event 2023 Kota Padang mengatakan penyelenggaraan iven merupakan langkah penting bagi Pemerintah Kota Padang bersama stakeholder terkait untuk menggeliatkan ekonomi di Kota Padang.
“Tahun 2023 kita menawarkan banyak harapan bagi industri pariwisata. Apalagi pandemi Covid-19 sudah mereda, semoga semua kegiatan sektor pariwisata yang telah kita rancang dapat kita gelar dengan sebaik-baiknya sehingga ekonomi masyarakat bisa bangkit kembali,” ujar Wali Kota saat melaunching Calendar of Event Pariwisata Kota Padang Tahun 2023 diAxana Hotel Padang, Selasa 10 Januari 2023 lalu.
Wako Hendri Septa mengaku juga optimis setelah diluncurkannya Calendar of Event Pariwisata Kota Padang 2023 akan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Kota Padang.
“Pada 2023 event-event yang kita gelar akan lebih baik dan menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga dengan itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang tentunya berdampak bagi perekonomian masyarakat serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang dari sektor pariwisata,” katanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top