Riol Tersumbat, Tanah Hitam Inisiasi Goro Libatkan Perkim LH dan Damkar

Petugas Damkar, Perkim, dan kelurahan Tanah Hitam saat gotong royong membersihkan riol

Padang Panjang, cagak.id Crush hujan tinggi beberapa waktu terakhir akibatkan sedimentasi dan material sampah yang menumpuk pada beberapa titik selokan (riol) di RT 14, Kelurahan Tanah Hitam Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) meluap dan meluber ke jalan serta menggenangi rumah warga.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kelurahan Tanah Hitam menginisiasi gotong royong (goro) dengan melibatkan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kamis 23 Februari 2023 untuk membersihkan riol yang tersumbat.

Lurah Tanah Hitam Wetriko mengatakan goro dimulai sekitar pukul 09.00-15.00 WIB bersama petugas kebersihan dari Perkim LH, dimana petugas melakukan pengerukan endapan pasir bercampur tanah dan mengangkat tumpukan sampah di beberapa titik riol.

“Kemudian pukul 15.00-21.30 WIB petugas Damkar membantu penyemprotan sisa material pada selokan, serta memastikan air mengalir lancar melewatinya dan  berfungsi dengan baik,” katanya.

Menurutnya, melihat perlu ada saluran air beton U, pada salah satu titik penting, muara beberapa saluran riol, dimana saluran yang melintas di jalan tersebut tidak terlalu lebar, menjadi salah satu penyebab air meluap bila hujan deras.

“Kita akan bersurat kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),  mohon bantuan pengerjaan pembuatan riol, menggunakan beton U. Saluran ini melintas di Jalan Bagindo Aziz Chan dekat Pos Ronda. Saluran  yang penting. Air dari beberapa titik riol bermuara pada saluran tersebut. Sementara jalurnya  tidak terlalu lebar,” ujarnya.

Di samping itu, Wetriko turut mengucapkan terima kasih kepada Perkim LH dan  Damkar yang telah membantu mengatasi sedimentasi dan sampah yang menyumbat riol di RT 14 itu. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top