Propam Polda Sumbar Periksa Personel Polsek Lubeg Pasca Tahanan Kabur

Propam Polda Sumbar Periksa Personel Polsek Lubeg Pasca Tahanan Kabur

Propam Polda Sumbar periksa sejumlah personel yang berdinas di Polsek Lubukbegalung, Kota Padang, Rabu 18 Januari 2023.

Kabid Propam Polda Sumbar, Kombes Pol Eko Yudi Karyanto mengatakan pemeriksaan internal ini dilakukan pasca kaburnya seorang tahanan berinisial RN (33 tahun) yang kabur jelang Subuh pada Minggu 15 Januari 2023 lalu.

“Anggota diperiksa sekitar lima atau 6 orang untuk diminta keterangan terhadap anggota yang bertanggung jawab, ada perwira dan bintara serta untuk hasilnya belum keluar,” kata Kabid Propam Polda Sumbar, Kombes Pol Eko Yudi Karyanto.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini pihaknya masih mendalami keterangan personel yang bertanggung jawab saat kaburnya tahanan.

“Kaburnya tahanan ini jelas adanya unsur kelalaian personel dan si tersangka diduga kabur melalui teralis yang dipotong pakai gergaji,” ujarnya.

Eko mengatakan belum tahu berapa lama pemeriksaan anggota tersebut dan bahkan bisa seminggu serta pemeriksaan ini juga bisa berkembang kemana-mana.

“Keputusan kita lihat nanti tingkat kesalahan anggota ini dan seluruhnya adalah anggota Polsek Lubuk Begalung,” ujar Eko.

Informasinya, RN merupakan tahanan yang terlibat kasus pencurian dengan pemberatan dan belum diketahui apakah tahanan tersebut sudah ditangkap kembali atau belum.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistiyawan membenarkan adanya tahanan yang kabur di salah satu Polsek di Kota Padang.

“Benar, tahanan kabur pada hari Minggu 15 Januari 2023 lalu sekitar pukul 05.30 WIB dengan inisial RN,” ujarnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari Propam Polda Sumbar yang telah dilakukan sebelumnya terhadap personel di Polsek tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top