Program Sehari Berkantor di Kecamatan, Hendri Septa Kunjungi Lubeg

Program Sehari Berkantor di Kecamatan, Hendri Septa Kunjungi Lubeg

Padang, Cagak.id—Program Sehari Berkantor di Kecamatan kembali dilaksanakan. Kali ini Wali Kota Padang Hendri Septa mengunjungi Kecamatan Lubuk Begalung, Senin (28/8/2023). Ada beberapa agenda yang dijalankan. Mulai dari penyerahan bantuan kepada 33 orang penerima manfaat Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang berada di Kecamatan Lubuk Begalung.

Bantuan pertama diserahkan kepada perwakilan Pedagang Harian Tuna Netra atas nama Beni dengan nilai bantuan sebesar Rp. 4.732.500. Bantuan tersebut bakal diberikan kepada 11 orang UEP. Bantuan kedua diserahkan kepada perwakilan UEP Disabilitas Pijat Refleksi atas nama Niko dengan nilai bantuan sebesar Rp. 4.820.800.  Bantuan ini juga akan diberikan kepada 11 kepala keluarga. Bantuan ketiga diserahkan kepada perwakilan UEP Lansia Dagang Harian atas nama Ali Umar dengan nilai sebesar Rp. 6.543.870. Bantuan ini juga akan diberikan kepada 11 keluarga.

Selanjutnya, Hendri Septa  melakukan peresmian peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al-Kaffah yang berada di Perumahan Sinar Pelangi RT 1/RW 1 Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung.

Dalam sambutannya, Wako Hendri Septa mengucapkan selamat dan apresiasi kepada warga kampung Jua yang akan membangun sebuah masjid. “Semoga masjid ini nantinya tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat kegiatan keagamaan. Kami berharap nantinya masjid ini dapat diramaikan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti wirid, TPQ/TQA, yang dapat menjadi pusat pembinaan generasi muda dan tentunya menjadi masjid ramah anak,” ucap Hendri Septa.

Berikutnya, Hendri Seta mengunjungi Kelompok Wanita Tani Gurun Laweh Peduli (KWT Gurlaw Peduli) yang telah berinovasi membuat produk ecoenzim yang terdiri dari produk organik dan anorganik.  Kebanyakan dari hasil fermentasi buah-buahan. Kalau untuk dikonsumsi salah satunya ada cuka nanas yang mengandung enzim bromelin, fungsinya mampu menjadi penawar bagi orang yang menderita kanker. Sedangkan, untuk produk non konsumsi yaitu larutan untuk pel lantai, menetralisir udara, hingga cuci piring.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi produk kreatif yang dihasilkan KWT Gurlaw Peduli. Menurutnya, produk eco enzim tersebut berpeluang besar menggerakkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja. Untuk itu, produk rumah tangga tersebut sebaiknya diuji keabsahannya, dengan mendaftarkannya ke BPOM yang akan meyakinkan konsumen dalam membeli produk herbal.

Ke depan, KWT Gurlaw Peduli ini akan difasilitasi lebih lanjut oleh pemerintah guna mempermudah peningkatan produksi dan kemudahan pendaftaran NIB, hingga pemasaran.

Selain KWT Gurlaw Peduli, Hendri Septa juga mengunjungi UKM Dapur Yonica yang berlokasi di Perumahan Cendana Tahap 4 Blok D No 1, Koto Baru, Lubeg.

UKM Dapur Yonica sendiri telah banyak memproduksi berbagai jenis makanan seperti, rendang tuna, tuna lado hijau, pempek, kerupuk ikan, dan lainnya.  Wali Kota Padang Hendri Septa juga mengapresiasi keberadaan UKM Dapur Yonica yang telah berdiri semenjak tahun 2015 lalu itu. Menurutnya, dengan banyak para pelaku UKM dapat menjaga kestabilan ekonomi suatu daerah dengan baik.

Selanjutnya, Wako Hendri Septa juga meninjau Puskesmas yang berada di Kecamatan Lubuk Begalung.  Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sri Kurnia Yati dan unsur pimpinan OPD Pemko Padang lainnya, Wako Hendri meninjau pelayanan kesehatan masyarakat yang sedang dilakukan sekaligus berdialog dengan para pasien.

“Bapak Ibu warga Lubeg yang hari ini sedang atau telah mendapatkan pelayanan di Puskesmas Lubeg, kami berharap pelayanan yang diberikan tidak mengecewakan Bapak/Ibu, sebab sejatinya dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang ada disini merupakan pelayan Bapak/Ibu,” ucap Wako Hendri.

Di kesempatan itu, Wako Hendri mengapresiasi kinerja para petugas di Puskesmas Lubuk Begalung atas diraihnya akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top