Peringati Isra Miraj, Wako Hendri Septa: Momentum Meningkatkan Kualitas Ibadah

Wali Kota Padang saat memperingati Hari Isra Miraj

Padang, cagak.id Pemko Padang peringati Isra Miraj dengan menggelar pengajian di Masjid Agung Nurul Iman Padang pada Jumat 17 Februari 2023.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk mengingat kembali perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso dan peristiwa Mi’raj Rasulullah ke langit ke tujuh.

“Kalau dipikir secara logika tidaklah mungkin terjadi karena di masa itu teknologi canggih belumlah ada tapi kalau dipandang dengan kaca mata keimanan maka itu sangat mungkin terjadi dengan satu kata kunci yaitu Jika Allah sudah berkehendak maka apapun bisa terjadi, apalagi peristiwa itu dialami oleh kekasih Allah, Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Dengan demikian, dikatakannya pada peringatan Isra Miraj 1444 H ini maka dapat kita jadikan sebagai momentum peningkatan kualitas ibadah.

“Salah satu hikmah dari Isra Mi’raj yang paling penting adalah tentang kewajiban salat lima waktu yang Allah SWT perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW,’ ujar Hendri Septa.

Menurutnya apabila salat didirikan dengan khusyuk dan benar, maka akan dapat mengantarkan siapa saja kepada keteraturan, tertib, disiplin dan istiqomah dalam menjalankan proses kehidupan sehari-hari.

“Sebab dalam salat terdapat prinsip keteraturan dan ketepatan dalam dimensi waktu maupun cara geraknya, dimana ibadah salat, apalagi berjamaah mengandung makna kebersamaan dan jamaah wajib mentaati, mematuhi pimpinan yaitu imam,” kata Wali Kota Padang.

Sehingga dijelaskannya dalam rangka menanamkan rasa dan semangat keagamaan pada masyarakat, tata cara ibadah salat hendaknya diajarkan kepada anak-anak sejak dini.

“Kunci keberhasilan salat terletak pada peran orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak dengan berlandaskan pendidikan agama Islam serta dengan kondisi keluarga yang sejahtera dan bahagia disertai suasana keagamaan yang kental, sudah tentu akan mewujudkan masyarakat yang aman, tentram, bahagia dan berimplikasi kepada tatanan masyarakat yang harmonis,” katanya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top