Pascabanjir, Dua Unit Alat Berat yang Dijanjikan Hendri Septa Diturunkan di Sungai Batu Busuk

Alat berat tengah bekerja di Sungai Batu Busuk pasca banjir melanda pekan lalu

Padang, cagak.id Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V lakukan pengerukan Sungai Batu Busuk yang mengakibatkan banjir pada Senin 23 Januari 2023 lalu.

Wali Kota Padang, Hendri Septa yang memastikan gerak cepat mendatangkan alat berat ke Batu Busuk, yang memang dijanjikannya pada saat mengunjungi warga saat kejadian banjir pada malam tersebut. Ia mengatakan penyebab terjadinya banjir, di Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh karena Sungai Batu Busuk yang semakin dangkal.

“Sehingga debit air tidak tertampung dan tumpah di area pemukiman warga,” kata Hendri Septa.

Ia menjelaskan untuk mengantisipasi dan lakukan penanganan terhadap kondisi tersebut, Pemko Padang menggandeng BWS karena Sungai Batu Busuk merupakan daerah kewenangan BWS Sumatra V dengan mengerahkan dua unit alat berat untuk mengeruk dasar sungai.

“Batu hasil pengerukan diletakkan di pinggir sungai untuk mempertinggi tebing, hal ini berguna sebagai dinding pencegah meluapnya air ketika debit air sungai meninggi karena hujan nanti,” kata Wali Kota Padang.

Hasil pantauan cagak.id pada Senin 30 Januari 2023 tabpak dua unit alat berat tengah bekerja melakukan pengerukan di Sungai Batu Busuk.

Satu per satu, bebatuan di Sungai Batu Busuk dikeruk dan diletakkan di sudut sungai untuk membentuk jalur air sungai agar tidak meluap saat debit air sungai tinggi.

Aher, salah seorang warga yang ditemui cagak.id di pinggir Sungai Batu Busuk mengatakan alat berat tersebut diketahui sudah berada di lokasi sejak Jumat 27 Januari 2023 lalu.

“Jumat itu alat berat sudah berada di sungai, Sabtunya sudah bekerja dan Minggu karena hujan dan kondisi cuaca sepertinya tidak bekerja dan hari in beruntung hari cerah sehingga dapat bekerja kembali,” kata Aher yang merupakan warga Kąpało Koto yang melihat kondisi rumah anaknya di RT 1 RW 3 dan menjadi Salah satu keluarga terdampak banjir.

Ia menjelaskan, pemerintah cukup cepat melakukan penanganan dengan langsung turun ke lapangan dan menurunkan alat berat, tentu ini juga ada bantuan dan kerja sama dengan BWS.

“Anak saya katanya sudah dapat bantuan juga dan untungnya tidak terlalu parah dampaknya,” ujarnya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top