Orasi Ilmiah Wisuda UIN IB ke-89, Hendri Septa Bicara Harapan Baru Pendidikan Kota Padang

Orasi Ilmiah Wisuda UIN IB ke-89, Hendri Septa Bicara Harapan Baru Pendidikan Kota Padang

Padang, cagak.id–Dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Angkatan ke-89 Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) Padang Tahun Akademik 2022/2023, Wali Kota Padang Hendri Septa mendapat kehormatan memberikan orasi ilmiah. Ia berorasi di hadapan 615 orang lulusan perguruan tinggi agama Islam terkemuka di Kota Padang tersebut.

Dalam orasi ilmiah berjudul Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, ia berharap dengan semakin banyaknya lulusan UIN IB semakin besar pula kontribusi perguruan tinggi dalam mencerdaskan dan memajukan bangsa, negara dan juga agama.

“Lulusan UIN IB adalah harapan baru bagi kemajuan pendidikan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Indonesia. Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di UIN IB. Semoga ilmu yang diperoleh membawa berkah dan bermanfaat untuk kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat serta bangsa, negara dan juga agama tentunya,” ujar Wako dalam acara prosesi wisuda yang dilangsungkan di Kampus III UIN IB Padang, Sungai Bangek, Minggu (28/5/2023) pagi.

Dijelaskan Wako, berbicara mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan yaitu sesuai dengan visi Kota Padang yang tertuang di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024.

“Alhamdulillah, sampai tahun 2022 kita Pemko Padang telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Padang untuk menghasilkan SDM yang beriman, kreatif, infovatif dan berdaya saing. Hal itu ditandai dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) dari 82,92 tahun 2021 menjadi 83,26 di tahun 2022. IPM Kota Padang selalu tertinggi di Sumbar dan berada di atas rata-rata target nasional,” terangnya.

Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan kemajuan sektor pendidikan ke depan selalu mengharapkan dukungan perguruan tinggi salah satunya UIN IB Padang yang telah banyak melahirkan orang-orang hebat dan cendekiawan muslim.

“Hari ini UIN IB kembali mewisuda mahasiswanya yang tentu memiliki ilmu yang banyak. Tidak saja dalam keagamaan namun juga di bidang sains dan teknologi. Semoga mereka bisa mengimplementasikan ilmu dan turut berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Kota Padang khususnya.”

“Kita tunggu sinergi dan kolaborasinya. Alhamdulillah selama ini telah banyak yang kita rasakan seperti ada lulusan UIN IB yang jadi guru, mubaligh dan aktifis di Kota Padang. Begitu pula mahasiswa UIN yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN), praktek lapangan serta kegiatan pengabdian untuk masyarakat dan lain sebagainya,” pungkas Wali Kota yang disambut antusias hadirin saat itu.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir Rektor UIN IB Prof. Dr. Hj. Martin Kustati , M.Pd bersama para Wakil Rektor dan Dekan serta Ketua Senat UIN IB Padang Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag dan Ketua ILUNI UIN IB Nasrul S.Sos, M.M. (fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top