Mendaftar DPD Ketiga Kali, Leonardy Harmainy Apresiasi KPU Sumbar

Mendaftar DPD Ketiga Kali, Leonardy Harmainy Apresiasi KPU Sumbar

Padang, cagak.id–Anggota DPD RI dari Sumbar, Leonardy Harmainy mengapresiasi kemudahan yang diberikan KPU kepada para calon peserta Pemilu dalam pendaftaran. Jika biasanya para calon saat mendaftar harus membawa kotak kontainer berisia berkas syarat dukungan, sekarang cukup membawa dua amplop saja. Hal ini sesuai Peraturan KPU nomor 11 tahun 2023 tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota DPD.

“Karena itu, kita sangat mengapresiasi KPU yang sangat memudahkan calon. Dan ini dibuktikan pada saat pendaftarn. Hanya dengan dua lembar surat yang sudah ada formnya di situs pendaftaran, kita hanya tinggal print dan membubuhkan materai serta tanda tangan. Itupun bila sang calon dan LO-nya paham,,” ungkap Bang Leo, sapaan akrab anggota DPD RI tiga periode ini.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI itu mendaftarkan diri Bakal Calon Anggota DPD RI untuk Pemilu 2024, Selasa (9/5/2023). Leonardy dan tim diterima oleh komisioner KPU Sumbar, Amnasmen dan Yuzalmon serta Kasubag Teknis Rahman Al Amin dan staf sekretariat lainnya. Sementara dari Bawaslu Sumbar, dihadiri langsung ketua, Alni, serta anggota, Nurhaida Yetti dan Benny Aziz.

Sebelumnya Leonardy telah menyerahkan syarat dukungan dan telah diverifikasi administrasi serta faktual oleh KPU Sumbar. Jumlah syarat dukungan Leonardy yang dinyatakan memenuhi syarat 2.188 pemilih yang tersebar pada 12 kabupaten/kota di Sumbar.

“Kita maju kembali untuk memperkuat DPD RI dalam memperjuangkan aspirasi daerah. Sehingga apa yang diinginkan masyarakat, khususnya bidang pembangunan dapat terlaksana dengan baik,” ujar Leonardy.

Sejauh ini, lanjut Leonardy, Senator asal Sumbar sangat mewarnai dalam pengambilan kebijakan di DPD RI, termasuk dalam pengawasan dan pembahasan Rancangan Undang-Undang serta berbagai kegiatan di DPD RI.

“Kita anggota DPD RI dari Sumatera Barat, sangat mewarnai dalam hampir semua kegiatan di DPD RI, di tengah keberbatasan kewenangan DPD RI di bidang legislasi dan keuangan. Walau begitu, belum bisa disahkan APBN kalau belum ada pertimbangan DPD RI,” ungkap Leonardy.

Ke depan, Leonardy berharap anggota DPD RI asal Sumbar lebih mewarnai lagi dalam pengambilan kebijakan di DPD RI, khususnya dalam memperkuat kelembagaan DPD RI.

“Tentunya saya berharap terpilih kembali, karena banyak program yang harus dilanjutkan, baik untuk pembangunan Sumbar maupun kelembagaan DPD RI,” pungkas Leonardy. (cgk)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top