Lakukan Pelayanan Terintegrasi, Pemkab Agam Bentuk Posyandu Prima

Kepala Dinas Kesehatan Agam dr Hendri Rusdian

Agam, cagak.id Dinas Kesehatan Kabupaten Agam bentuk Posyandu Prima sebagai upaya mendekatkan pelayanan pada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr Hendri Rusdian, Senin 6 Maret 2023 mengatakan Posyandu Prima adalah transformasi dari Pustu atau Puskesri yang ada di daerah itu.

“Seluruh pelayanan kesehatan terintegrasi di Posyandu Prima ini. Keberadaannya juga tidak menghilangkan fungsi posyandu sebelumnya,” ujarnya saat sosialisasi Posyandu Prima, di aula Dinas Kesehatan Agam.

Dikatakannya, satu nagari satu Posyandu Prima dan beroperasi setiap hari dimana konsep ini beda dari posyandu sebelumnya yang hanya satu kali sebulan.

“Dibentuknya Posyandu Prima ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas posyandu sebelumnya dan di Posyandu Prima nanti ditempatkan bidan dan perawat, yang dilengkapi dengan peralatan kesehatan,” kata dr Hendri.

Menurutnya, ini akan lebih mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, karena terintegrasinya seluruh layanan dan dibuka setiap hari.

“Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal sehingga masyarakat sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan yang menjadi harapan bersama dapat diwujudkan karena Posyandu Prima adalah lembaga kemasyarakatan di nagari, sehingga wali nagari bertanggungjawab secara langsung terkait hal ini,” ujarnya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top