Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 22 Maret 2023

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 22 Maret 2023

Jakartal, cagak.id–Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1444 Hijriah pada Rabu, 22 Maret 2023.

“Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023,” ungkap Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

“Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring,” imbuhnya.

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, pelaksanaan rangkaian sidang isbat juga mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Adib menjelaskan, rangkaian pelaksanaan sidang isbat akan dibagi dalam tiga tahap. Pertama, seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

“Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas,” jelasnya.

Rangkaian kedua, Adib melanjutkan, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H.

“Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum,” ujarnya.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh Indonesia. Di Sumbar ada 21 rukyatul hilal atau tempat melihat hilal, yaitu, Gedung Kebudayaan Sumatera Barat, Puncak Langkisau Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Dusun Kayu Gadang Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Bukit Langkuik Kecamatan Bonjol, Puncak Gunung Medan, Lantai 3 Gedung DPRD Kab. Pasaman Barat di Padang Tujuh, Puncak Dama Kel.Kampung Jawa Kota Solok, Taeh Bukik, Bukik Ampangan, Kubu Jawi, BPTU Padang Mengatas Nagari Mungo, Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Kantor Kemenag Kab Solok Selatan, Jorong Sikaladi Nagari Pariangan, Kampus UIN Mahmud Yunus Batusangkar di Cubadak, Bukit Sipora Jaya, Balkon Rocy Hotel Bukittinggi, Puncak Lawang Kec. Matur Kab. Agam, Sitinjau Laut, Jalan Raya Solok – Padang, Pantai Tiram Kec. Ulakan Tapakis dan Puncak Nganang Kecamatan Luhak. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top