Jeruk Lemersing Tanam Perdana di Nagari Aie Angek

Jeruk Lemersing Tanam Perdana di Nagari Aie Angek

Tanah Datar, cagak.id–Sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani di Kabupaten Tanah Datar. Usaha pertanian merupakan sumber pendapatan utama bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat petani dengan menanam jeruk lemon yang saat ini di pasaran harganya cukup tinggi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat melakukan penanaman perdana Jeruk Lemon Marapi Singgalang (Lemersing) di Lahan percontohan Daerah Solok Nagari Aie Angek Kecamatan X Koto, Jumat (10/3).

Wabup Richi Aprian mengungkapkan, Nagari Aie Angek secara geografis berada pada daerah pegunungan, komoditi jeruk lemon mempunyai potensi yang cukup baik untuk dikembangkan di Nagari Aie Angek sebagai usaha pertanian. secara agribisnis komoditi jeruk lemon dapat meningkatkan pendapatan petani dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi dan menguntungkan karena bisa dipanen setiap minggu.

Wabup Richi Aprian juga menyambut baik dan mendukung penanaman jeruk lemon yang merupakan salah satu program dari HMP Sumbar untuk meningkatkan perekonomian petani di Nagari Aia Angek.

“Terima kasih kepada HMP Sumbar yang telah memilih Nagari Aie Angek untuk pengembangan kominiti jeruk lemon, semoga ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Tanah Datar,” ucapnya.

Ke depan Wabup berharap, agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan sampai komoditi jeruk lemon dapat berkembang dengan baik di Nagari Aie Angek sebagai bagian peningkatkan produktivitas produk pertanian umumnya dan produktivitas hortikultura khususnya.

Sementara itu Ketua HMP Sumbar Candra Faisal sampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah untuk membudidayakan tanaman jeruk lemon di kabupaten Tanah Datar dan ini perdana di Sumatera.

“Tanaman jeruk lemon ini berasal dari California yang sudah di budidayakan di Jawa Barat dan sangat cocok di Nagari Aie Angek dengan kondisi geografisnya dan merupakan komoditi yang menjanjikan untuk meningkatkan perenomian, dimana untuk waktu panen dengan waktu yang singkat yaitu 14 bulan,” ungkapnya.

Candra jelaskan, dengan luas 1 hektar membutuhkan bibit 800 batang dengan jarak 3-4 meter dengan tinggi 1,5 meter dengan hasil 3 ton per panen.

Sebelumnya Wali Nagari Aia Angek Anwar juga sampaikan terima kasih atas perhatian dari HMI Sumbar kepada masyarakat Nagari Aie Angek untuk meningkatkan perekonomian dari komoditi baru yaitu jeruk lemon dimana namanya juga disesuaikan dengan nama daerah kami, yaitu Jeruk Lemon Marapi Singgalang (Lemersing).

Hadir dikesempatan tersebut Ketua Himpunan Harapan Mitra Pengusaha (HMP) Sumbar Candra Faisal, Bupati Tanah Datar periode 2005-2025 M Shadiq Pasadigoe, yang mewakili Kepala Dinas Pertanian, Camat X koto , Wali Nagari Aie Angek dan masyarakat setempat. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top