Jelang Pekan Nasional KTNA XVI, Persiapan Gelar Teknologi Hampir Rampung

Jelang Pekan Nasional KTNA XVI, Persiapan Gelar Teknologi Hampir Rampung

Padang, cagak.id–Perhelatan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI tinggal menghitung hari. Dinas Perikanan dan Pangan tengah fokus pada gelar teknologi (Geltek).

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi menyebutkan saat ini persiapan gelar teknologi sudah mencapai 90 persen.

“Saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen, kita akan masukan berbagai macam ikan hias yang produknya berasal dari Kota Padang seperti ikan sepat, ikan komet dan lainnya,” terang Alfiadi.

Selain itu juga terdapat proses budidaya belut dan budidaya cacing dengan sistem apartemen.

“Cacing merupakan pangannya ikan, proses dari pembudidayaan cacing merupakan protein yang paling baik bagi ikan,” lanjutnya.

Alfiadi mengungkapkan tujuan dari gelar teknologi untuk memancing kreatifitas peserta Penastani sehingga dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha. Selain itu, dengan gelar teknologi diharapkan dapat memberikan motivasi dan mendorong pengembangan teknologi.

“Di lokasi Penastani juga disediakan fiber dan nanti juga ada narasinya, tujuannya jika ada yang mau membeli ikan itu sudah ada penjelasannya. Ini yang akan kita tampilkan, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan Penastani,” jelas Alfiadi.

Dikatakan Alfiadi menjelang acara puncak akan diatur jadwal kapan memasukan ikan ke dalam fiber.

“Mengingat cuaca saat ini, akan kita atur penjagaannya. Jika terlalu cepat dikhawatirkan ikan akan mati,” tutupnya. (cgk)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top