Jangan Asal Beri Makan Kucing Jalanan, Ini Strateginya Menurut Sains

Jangan Asal Beri Makan Kucing Jalanan, Ini Strateginya Menurut Sains

Banyaknya kucing jalanan di tempat umum berdampak buruk bagi kucing tersebut juga manusia di sekitarnya. Kucing berisiko kelaparan dan terkena penyakit. Sedangkan manusia bisa terganggu karena kotoran kucing yang bisa membawa penyakit zoonosis (penyakit menular dari hewan ke manusia) dan juga parasit. Karena itulah, kita membutuhkan langkah penanganan kucing jalanan yang sesuai dengan karakter kucing dan minim risiko terhadap manusia.

Peneliti di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Mohammad Ikhsan Shiddieqy, mengungkapkan kegiatan voluntary feeding dan street feeding membutuhkan perencanaan yang memadai. Voluntary feeding adalah kegiatan pemberian makanan berupa makanan sisa kepada kucing non-peliharaan yang berkeliaran di sekitar rumah. Sedangkan street feeding adalah pemberian pakan (pet food) kucing di jalanan atau tempat-tempat publik.

“Meski pemberian makanan adalah aktivitas yang baik, beberapa studi menyatakan aktivitas ini juga berefek negatif bagi kesehatan dan lingkungan. Populasi kucing jalanan bisa terus bertambah, begitu pula dengan risiko penyebaran penyakit.” ujarnya.

Sekalipun harus dilakukan, lanjutnya, kegiatan voluntary dan street feeding tak bisa sembarangan. Syarat utama dua kegiatan ini adalah kucing dalam kondisi tidak memiliki sumber makanan lain selain makanan yang akan kita berikan. Artinya, kucing sangat mengandalkan pemberian makanan dari manusia karena tidak mendapat akses ke sumber makanan lain.

“Masyarakat dan komunitas juga perlu mengutamakan kebersihan dan kesehatan saat memberi makan kucing. Pemberian makanan dari sisa makanan manusia di sembarang tempat berpotensi mengganggu kebersihan lingkungan karena kucing tidak memakan semua sisa makanan.” paparnya.

Utamakanlah pemberian makanan kering yang tidak berpotensi bersisa dan mengundang lalat. Selain itu, gunakan mangkuk atau kertas sebagai alas. Pemberian makanan perlu dilakukan titik aman dan tidak berada lalu lintas kendaraan.

“Patut diingat bahwa pemberian makan terhadap kucing jalanan membuat kucing semakin tergantung pada pemberian manusia. Jika pemberian makan tidak konsisten, maka kucing jalanan dapat kebingungan mencari makanan,” tandasnya. (CGK/The Conversation)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top