Jadi Pilot Project ‘Smart Water Meter’, Warga Lolong yang Nunggak Tagihan Air Tidak Kena Cabut Meteran

Direktur Perumda Air. inum Padang Hendra Pebrizal
Daerah Lolong jadi pilot project Program Smart Water Meter yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang.
Sebanyak 50 warga Lolong, Kota Padang yang berlangganan air minum dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) tak perlu lagi risau jika menunggak tagihan.
Pasalnya, inovasi tersebut tengah dihadirkan ke tengah masyarakat, dimana pihak Perumda AM tidak akan mencabut meteran air warga.
“Sebanyak 50 unit meteran sudah kita launching dan pasang di rumah pelanggan,” ujar Direktur Utama Perumda AM Kota Padang, Hendra Pebrizal, Selasa 3 Januari 2023 kemarin.
Ia menjelaskan bahwa Inovasi ‘Smart Water Meter’ ini akan memudahkan pelayanan air kepada masyarakat karena dengan teknologi ini, masyarakat yang menunggak bayar air akan diputuskan secara otomatis hanya dari kantor Perumda AM Padang.
“Saat pelanggan sudah membayar tunggakan air tersebut, maka sambungan air akan tersambung kembali secara otomatis sehingga petugas tidak harus mendatangi rumah pelanggan untuk mencatat penggunaan air dan mencabut meteran, tapi cukup dengan alat ini,” ujarnya.
Hendra Pebrizal mengatakan penggunaan ‘Smart Water Meter’
memilik banyak keunggulan seperti mampu melacak pemakaian air pelanggan secara digital dengan tingkat akurasi lebih tinggi.
“Pihak Perumda AM pun menargetkan sebanyak 2.000 alat tersebut terpasang di tahun 2023 ini dan saat ini kita coba dulu sekitar 2.000 unit,” katanya.
Menurut rencananya, alat ini tidak saja dipasang di kawasan Lolong tapi juga dipasang di Belanti dan Purus.
“Diharapkannya, seluruh pelanggan di Padang sudah terpasang alat ini nantinya dan tentunya kita ingin memudahkan masyarakat,” ujar Dirut Perumda AM yang baru saja menerima penghargaan Anugerah Informasi Publik dari Komisi Informasi Sumbar tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top