Hendri Septa Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya

Hendri Septa Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Koperasi Madya

Padang, Cagak.id—Penghargaan diberikan Dewan Koperasi kepada Wali Kota Padang Hendri Septa, Minggu (23/7/2023). Wali Kota Padang tersebut mendapatkan prestasi gemilang berkat kepeduliannya terhadap pengembangan koperasi di Kota Padang sebagai ‘Tokoh Penggerak Koperasi Madya’.

Penghargaan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu pun diterima Wali Kota Padang yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid.

Usai menerima penghargaan, Sekdako Padang Andree Algamar menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih Wali Kota Hendri Septa dari Dekopin Pusat kali ini.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur sekali atas penghargaan yang diterima bapak Wali Kota sebagai tokoh penggerak koperasi madya. Prestasi tersebut dapat diraih juga berkat dukungan dan kerja keras dari jajaran Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang beserta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan stakeholder terkait lainnya dalam mendukung pengembangan koperasi di Kota Padang,” ungkap Sekda.

Atas penerimaan penghargaan ini tentunya menjadi semangat bagi jajaran OPD terkait di Pemko Padang untuk lebih memajukan sektor perkoperasian sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

“Kita Pemko Padang bersama Dekopinda insyaallah siap terus mendorong koperasi-koperasi yang ada di Kota Padang untuk terus maju dan berkembang. Tentunya dengan menjalankan peraturan koperasi secara profesional, salah satunya yang wajib adalah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahun,” imbuhnya.

“Kita sangat berharap koperasi-koperasi di Kota Padang terus eksis, menjadi salah satu motor penggerak perekonomian serta tetap berkomitmen membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” harap Sekda Andree.

Sementara itu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutannya terlebih dahulu menyampaikan selamat bagi para kepala daerah, pemerintah daerah dan berbagai pihak yang menerima penghargaan dari berbagai kategori di acara puncak peringatan Harkopnas ke-76 tahun ini.

“Ingat, koperasi kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu piagam penghargaan yang diterima hendaknya menjadi cambuk untuk meningkatkan daya saing koperasi dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat,” ujarnya.

Menteri Agus juga mengingatkan pentingnya digitalisasi saat ini untuk penghematan waktu, biaya, dan tenaga. Selain itu juga demi memperkuat daya saing koperasi di era persaingan usaha yang makin ketat baik di dunia global maupun lokal Indonesia.

“Koperasi bukan hanya pilar ekonomi, namun juga pilar bangsa. Maka itu mari kita semua berjuang untuk saling memajukan koperasi. Koperasi kuat ekonomi Indonesia akan hebat,” tukuknya bersemangat.Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid menyebutkan sesuai rencana strategis Dekopin 2019-2024 salah satu fokus yang mesti dicapai adalah bagaimana setiap koperasi di Indonesia memanfaatkan teknologi digital.

“Alhamdulillah, hampir semua koperasi di Tanah Air ini telah menerapkannya. Hal ini bertujuan untuk transparansi dan efisiensi kerja koperasi-koperasi kita,” ucapnya.

“Kita bersyukur baik Gubernur, Wali Kota/Bupati serta unsur BUMN/BUMD dan pihak terkait lainnya bersama Dekopinda saling bersinergi dalam memajukan koperasi sejauh ini. Maka itu kita berikan mereka penghargaan dalam puncak Harkopin setiap tahunnya,” jelas Nurdin Halid.

Dalam kesempatan itu juga hadir Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy,.para kepala daerah se-Indonesia penerima penghargaan, unsur Forkopimda Sumbar dan pelaku koperasi di Sumbar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top