Hendri Septa Kunjungi BMKG Perkuat Sinergi Hadapi Bencana

Hendri Septa Kunjungi BMKG Perkuat Sinergi Hadapi Bencana

Jakarta, cagak.id–Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar mengunjungi Kantor Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang berlokasi di jalan Angkasa 1 Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023).

Kedatangan orang nomor satu di Kota Padang itu disambut langsung oleh Kepala Pusat BMKG diwakili Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi (Instalike Jarkom) BMKG Muhamad Sadly didampingi Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono.

Hendri Septa mengatakan, kunjungannya bersama jajaran ke Kantor BMKG dalam rangka memperkuat sinergi dan kerjasama yang telah terjalin baik antara Pemerintah Kota Padang dengan BMKG dalam menghadapi bencana alam gempa dan tsunami di Kota Padang.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih kepada BMKG atas kerja sama dalam menghadapi bencana gempa bumi pada 25 April lalu di Kota Padang. Saya yakin dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan BMKG, kita dapat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Kota Padang,” ucap Wako.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri Septa meminta kepada BMKG untuk membuka informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Padang, terutama yang berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami. Sebab dengan informasi itu diharapkan masyarakat bisa melakukan mitigasi terhadap bencana yang terjadi.

“Sebagai salah satu kota rawan bencana di Indonesia, kita ingin informasi terkait bencana alam ini satu komando, sehingga masyarakat tidak kebingungan dan menjadi kewaspadaan bagi mereka. Oleh sebab itu kita berharap kepada BMKG untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Padang,” pungkas Hendri Septa.

Sementara itu, Deputi Bidang Inskalrek Jarkom Muhamad Sadly menjelaskan, BMKG selalu siap mengantisipasi bencana alam, termasuk gempa bumi dan tsunami.

“Sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami yang kita miliki selalu kita perbaiki dan tingkatkan agar dapat memberikan informasi yang akurat dan cepat kepada masyarakat yang berada di daerah pantai,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini, Hendri Septa beserta jajaran juga berkesempatan melihat secara langsung simulator gempa bumi milik BMKG dan meninjau sistem peringatan dini tsunami InaTEWS yang dikelola oleh BMKG.

Turut hadir mendampingi Hendri Septa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Plt Kepala BPBD Andree Algamar, Kadis PUPR Tri Hadiyanto, Kadis Perkim Raf Indria, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi dan Kabag Prokompim Amrizal Rengganis. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top