Hampir 2000 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Padang Ikuti OMSB

Hampir 2000 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Padang Ikuti OMSB

Universitas Terbuka Padang melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OMSB) semester ini dengan 2 (dua) skema, luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Hampir 2000 mahasiswa baru UT Padang mengikuti kegiatan tersebut di tiga kota, Bukittinggi, Pariaman, dan Solok.

“Hal ini disebabkan masih banyaknya mahasiswa yang belum bisa menghadiri kegiatan OSMB secara luring,” ujar Direktur UT Padang, Prof Dr Karnedi MA.

Hampir 2000 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Padang Ikuti OMSB

Dilanjutkannya, kegiatan OSMB Luring dilaksanakan pada Minggu, 12 Maret 2023 di 3 Kota berbeda yaitu, Bukittinggi, Pariaman, dan Solok. Di Bukittinggi, lokasinya di Aula Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Bukittinggi dan Aula Universitas Fort De Kock Bukittinggi. Sedangkan di Pariaman OMSB dilakukan di Aula Walikota Pariaman dan Gedung Pandopo Walikota Pariaman. Di Solok, diadakan di Aula Solinda Pemkab Solok.

“OSMB daring dilaksanakan di kantor UT Padang melalui aplikasi zoom meeting pada Kamis, 16 Maret 2023,” imbuhnya.

Kegiatan OSMB di Bukittinggi langsung dibuka oleh Prof  Karnedi, sedangkan untuk lokasi lainnya dibuka langsung oleh ketua tim OSMB.

“Pelaksanaan OSMB ini sangat penting karena memberikan pengetahuan dan pembekalan kepada mahasiswa, agar dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan UT,” papar Karnedi.

Hampir 2000 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Padang Ikuti OMSB

Kegiatan ini, ungkapnya, juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat belajar secara mandiri, mematuhi dan melaksanakan norma norma yang berlaku di Universitas Terbuka, sehingga mahasiswa baru memiliki rasa tanggung jawab secara akademik dan sosial.

Pada kegiatan ini terdapat beberapa materi penting yang disampaikan oleh pemateri diantaranya, Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh; Belajar Mandiri dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh UT; Layanan Pembelajaran di UT; serta Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara.

Selama OSMB antusiasme mahasiswa sangat terasa, ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan di sesi tanya jawab pada akhir sesi acara. Sementara itu, untuk kenang kenangan, UT Padang memberikan doorprize bagi penanya terbaik. (ADV)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top