Hendri Septa Hadirkan Dua Syeikh Madinah Dengarkan Kemampuan Hafalan Alquran Siswa di Padang 

Wali Kota Padang Hendri Septa bersama dua orang Syeikh Madinah

Padang, cagak.id Wali Kota Padang Hendri Septa hadirkan dua orang Syeikh dari Madinah di Padang, Rabu 1 Maret 2023 untuk melihat dan mendengarkan siswa sekolah yang telah menghafal Alquran (hafidz). 

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan dua sekolah yang dikunjungi bersama Syekh Abdurrahman Bakr dan Syekh Muhammad bin Bakr adalah SMP Negeri 7 Padang dan SD Negeri 22 Padang.

“Kehadiran dua Syeikh ini untuk melihat langsung kemampuan menghafal Alquran anak-anak kita di sini,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa saat mengunjungi kedua sekolah tersebut.

Setiba di kedua sekolah itu, Wako dan dua syeikh mencoba kemampuan masing-masing siswa sekolah, dimana mereka yang mampu melantunkan ayat suci minimal satu juz mendapat perhatian khusus. 

“Ada beberapa anak yang melantunkan Alquran di depan Syeikh, semua memuaskan,” ujar Wali Kota Hendri Septa. 

Diketahui, Kota Padang telah membuat program hafal satu juz Alquran. Program ini terus berjalan dengan baik dan bahkan di Padang cukup banyak terdapat rumah Tahfiz. Sekolah-sekolah pun telah membuat program serupa. 

“Kedua Syeikh mendengarkan langsung bagaimana hafalan anak-anak, mulai dari tartil dan ketepatan tajwidnya,” kata Hendri Septa. 

Kota Padang sendiri memang mewajibkan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri mampu menghafal Alquran dan program ini sengaja diluncurkan karena melihat anak-anak didik sebagian ada yang tidak mampu membaca Alquran ketika sudah masuk SMP, bahkan ada yang sampai tingkat SMA. 

Menurutnya, program menghafal Alquran ini dilaksanakan untuk mewujudkan Padang menjadi kota yang religius dan melahirkan para penghafal Alquran.

“Sebagai daerah yang menganut falsafah Adat Bersandi Syara, Syara Bersandi Khitabullah, sudah menjadi tanggung jawab kita mewajibkan para siswa muslim wajib hafal Alquran dan nantinya menjadi syarat kelulusan SD naik tingkat ke jenjang SMP,” ujar Hendri Septa. 

Sebelum melihat kemampuan siswa SD dan SMP di Padang, kedua Syeikh melaksanakan kajian subuh di Masjid Sahara, Padang Pasir. 

Seperti diketahui, Syekh Abdurrahman Bakr merupakan penulis buku dan pengajar metode Tibyan dan anaknya, Syekh Muhammad bin Bakr ikut melihat langsung perjuangan anak-anak Padang menghafal Alquran. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top