Gelar Pacu Kuda Habis Lebaran, Eka Putra Targetkan 50 Ribu Pengunjung

Gelar Pacu Kuda Habis Lebaran, Eka Putra Targetkan 50 Ribu Pengunjung

Tanah Datar, cagak.id–Pacu kuda open race dan tradisional akan digelar di Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukik Gombak pada 30 April dan 1 Mei mendatang.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, mengukuhkan panitia pacu kuda tersebut di Gazebo Indo Jolito, Batusangkar, Jumat (7/4/2023).

Eka Putra mengatakan, alek nagari itu direncanakan akan menghadirkan beberapa pejabat di pemerintahan pusat, yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno dan juga Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

“Insya Allah, Pacu Kuda Open Race dan Tradisional tahun 2023 ini sangat istimewa, karena ada beberapa pejabat di pemerintahan pusat yang ikut memeriahkannya, ini menjadi salah satu sejarah bagi Tanah Datar,” ujarnya.

Maka dari itu, Eka Putra berharap panitia dan pihak yang terlibat untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang agar Pacu Kuda Open Race dan Tradisional tahun 2023 berjalan dengan lancar.

“Mari kita serius dan menjaga kekompakan dalam mensukseskan Pacu Kuda Open Race dan Tradisional tahun 2023. Jika terjadi masalah, segera laporkan, untuk dicarikan solusinya, karena persiapan baik akan membuahkan hasil yang baik pula,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung kesuksesan Pacu Kuda Open Race dan Tradisional di tahun ini, perlu adanya promosi dan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat baik di daerah maupun diluar daerah.

“Pacu Kuda Open Race dan Tradisional masuk ke daftar Calender of Event Tanah Datar. Untuk itu, promosikan dan sosialisasikan secara maksimal, agar target pengunjung sebesar 50.000 dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol CZI Sutrisno, selaku Ketua panitia Pacu Kuda Open Race dan Tradisional Tahun 2023 mengatakan, pelaksanaannya telah mulai dipersiapkan, dari pembenahan lapangan Dang Tuanku Bukik Gombak dan sebagainya.

Dikatakannya, Pacu Kuda Open Race dan Tradisional terselengara selepas hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M hasil dari koordinasi bersama Pordasi Sumatera Barat (Sumbar).

“Jadwal yang biasa bagi Tanah Datar untuk melaksanakan Pacu Kuda Open Race dan Tradisional di bulan Oktober, itu telah padat. Maka dari itu, disepakati selepas hari Raya Idul Fitri 1444 H, ini hasil koordinasi bersama Pordasi Sumbar. Tentu ini dianggap baik karena perantau juga dapat menikmati alek nagari sembari pulang ke kampung halaman,” ujarnya. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top