Dukung Penurunan Stunting, Kader KB Kota Padang Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

Dukung Penurunan Stunting, Kader KB Kota Padang Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

Padang, Cagak.id—Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang menggelar Festival Komunikasi Informasi dan Edukasi di Gedung Youth Center, untuk meningkatkan kapasitas dan kreativitas bersosialisasi kader keluarga berencana (KB), Rabu (26/7/2023).

Wali Kota Padang diwakili Kepala DP3AP2KB Padang Eri Senjaya, menyampaikan bahwa tujuan festival untuk memberi ruang kreatif bagi kader-kader KB untuk peningkatan sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat tentang manfaat pelaksanaan keluarga berencana.

“Kegiatan ini juga berfokus dalam penanganan percepatan stunting yang kita harapkan berdampak lurus kepada penurunan angka stunting itu. Kami juga mengimbau kepada seluruh kader KB untuk terus berupaya dan terus berinovasi agar percepatan penurunan stunting di Kota Padang cepat terwujud,” katanya.

Angka stunting di Kota Padang berdasarkan evaluasi BKKBN Sumbar hingga 2022 berada pada angka 19,5 persen. Pihaknya menargetkan agar angka stunting turun hingga 14 persen tahun 2023 ini.

Harapan Eri Senjaya, program KB ini juga memberi pengaruh kepada masyarakat untuk lebih minat pada program tersebut. Seperti capaian pihaknya beberapa hari yang lalu dalam Harganas, dari 11 kategori, 9 terbaik diraih oleh Kota Padang.

“Ini menunjukkan kreativitas merupakan kunci untuk menarik minat warga masyarakat mengikuti program bangga Kencana Keluarga Berencana,” ujarnya dalam acara bertajuk Bangga Kencana Kader IMP se-Kota Padang tahun 2023 itu.

Selanjutnya, Ketua TP. PKK Kota Padang Genny Putrinda dalam sambutannya mengatakan, kader KB adalah aktor utama dalam program keluarga berencana. Program ini ikut berperan dalam penurunan angka stunting, dan Kader IMP mempunyai 6 peran dalam rangka ikut mensukseskan proram KB.

“Enam peran itu meliputi pengorganisasian, pertemuan, KIE dan konseling, pencatatan dan pendataan, pelayanan kegiatan dan kemandirian,” ujarnya.

Dukung Penurunan Stunting, Kader KB Kota Padang Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas

Kader IMP telah menjangkau seluruh aspek, tentang perkembangan kependudukan dan keluarga berencana, yakni pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Di acara tersebut juga digelar lomba lagu kreatif oleh PKK tingkat kecamatan se Kota Padang. Lomba tersebut berlangsung meriah yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) DP3AP2KB Padang, Andi Amri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top