Dinas Perikanan dan Pangan Cek ke Lapangan, Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Kota Padang Aman

Dinas Perikanan dan Pangan Cek ke Lapangan, Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Kota Padang Aman

Padang, Cagak.id—Stok bahan pangan Kota Padang dapat dikatakan aman, mengingat Idul Adha 1445 H yang akan berlangsung sepekan lagi.

Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan memastikan bahan pangan Kota Padang dengan melakukan pengecekan di tingkat pedagang, dengan turun langsung ke pasar-pasar yang ada di Kota Padang, Minggu (09/06/2024).

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Nila Sari Ardi menyebut bahwa bencana alam yang berakibat putusnya sejumlah akses jalan menuju Kota Padang tidak berpengaruh signifikan terhadap stok bahan pangan.

“Dari ketersediaan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Memang ada beberapa bahan pangan yang harganya masih tinggi, tapi secara keseluruhan masih stabil, kenaikan harga terjadi karena truk pengangkut harus jalan memutar,” katanya, Senin (10/06/2024).

Akibat dari putusnya akses jalan yang membuat perjalanan harus memutar tersebut, Nila mengatakan terjadi keterlambatan dalam hal kedatangan barang dari jadwal biasa. Namun begitu, stok bahan pangan masih tetap aman dan masyarakat diimbau tidak melakukan panic buying.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, stok beras pada Juni 2024 masih di angka 1.050 ton,  stok cabai rawit 17,37 ton, cabai merah 32,26 ton, stok bawang putih 11.40 ton, dan stok bawang merah 29,02 ton.

Selanjutnya, untuk stok daging sapi 25,03 ton, stok daging ayam 70,21 ton, stok telur ayam  110,99 ton, stok gula pasir 56,65 ton, dan untuk stok minyak goreng 64,47 ton.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top