Dinas Kesehatan Padang Gencarkan Imunisasi HPV

Dinas Kesehatan Padang Gencarkan Imunisasi HPV

Padang, Cagak.id—Program imunisasi HPV (Human Paviloma Virus) digencarkan Dinas Kesehatan Kota Padang melalui puskesmas-puskesmas, salah satunya dengan mengunjungi sekolah-sekolah.

Kadis Kesehatan Kota Padang melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit dr Gentina menjelaskan, Imunisasi HPV untuk mencegah kanker leher rahim (Serviks).

“Kegiatan ini merupakan program nasional yang dicanangkan 15 Agustus lalu, dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Gentina memberi penjelasan, Kamis (07/09/2023).

Ia mengatakan, kanker Serviks merupakan pembunuh nomor dua bagi kaum wanita, setelah kanker payudara.

“Jadi sasaran dari imunisasi HPV ini adalah anak perempuan usia 9-11 tahun, tujuannya adalah memberi kekebalan dari serangan kanker Serviks,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kanker Serviks diantaranya, pola hidup tidak sehat seperti merokok dan makanan cepat saji, pernikahan di bawah umur, serta Gonta ganti pasangan.

Gentina mengatakan pihak Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang berharap program ini mendapat dukungan dari semua pihak, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus  kanker leher rahim.

Menurutnya DKK telah mengirim surat ke Dinas Pendidikan dan Kemenag agar dapat mendukung program ini. Juga kita berharap orangtua dapat mengizinkan anaknya untuk mendapatkan imunisasi HPV.

“Imunisasi HPV ini merupakan hak anak sehingga mereka terhindar dari kanker serviks, selain itu imunisasi ini diberikan secara cuma-cuma,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top