Buka Musrenbang RKPD di 3 Kecamatan, Wako Hendri Septa Paparkan Capaian Pemko Padang

Wali Kota Padang saat membuka Musrenbang RKPD Tahun 2024 Kecamatan Padang Timur

Padang, cagak.id – Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku bersyukur atas capaian program pembangunan di Kota Padang yang sesuai dengan harapan.

Hal Ini terlihat dari capaian 11 program unggulan (progul) yang telah tertuang di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024.

“Alhamdulillah, 11 progul telah terlaksana secara baik dengan realisasi 82,85 persen di akhir tahun 2022 dan hal ini naik dibanding tahun 2021 yang masih baru terealisasi sebesar 62,55 persen dan kita optimis semuanya sudah terealisasi 100 persen hingga akhir tahun 2023 ini,” katanya dihadapan Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, Camat Padang Timur Siska Meilani, Camat Padang Selatan Jasman, Camat Koto Tangah Darmalis, dan  stakeholder terkait lainnya.

Hal ini dikatakannya saat ditemui usai membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di tiga kecamatan se-Kota Padang pada Senin 6 Februari 2023 kemarin.

Ia menjelaskan tiga kecamatan yang menggelar Musrenbang RKPD 2024 tersebut antara lain Kecamatan Padang Timur, Padang Selatan dan Koto Tangah dan melibatkan semua pemangku kepentingan di tingkat kecamatan tersebut untuk melakukan sinkronisasi dan sinergitas mendukung prioritas pembangunan daerah di tahun 2024 mendatang.

“Yang paling penting dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan ini adalah bagaimana setiap pembangunan yang dilakukan setiap kecamatan sejalan dengan visi Kota Padang yaitunya Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing. Selain itu juga dalam mewujudkan 7 prioritas pembangunan dan menuntaskan 11 progul Wali Kota-Wakil Wali Kota 2019-2024,” ujarnya.

Selain itu, Hendri Septa menjelaskan bahwa sampai dengan tahun 2022 Pemerintah Kota Padang telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif, inovatif dan berdaya saing.

Menurutnya hal tersebut ditandai dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) dari 82,92 persen di tahun 2021 menjadi 83,26 persen di tahun 2022. IPM Kota Padang selalu tertinggi di Sumbar dan berada di atas rata-rata target nasional.

“Dari 11 progul yang diusung, salah satu diantaranya seperti menyediakan 500 ruang kelas baru (RKB) alhamdulillah sampai akhir tahun 2022 kita sudah membangun sebanyak 229 unit RKB. Sedangkan di bidang kesehatan, sejalan dengan prioritas nasional kita juga telah berhasil menurunkan angka stunting dari 20,92 persen di tahun 2019 menjadi 18,9 persen di tahun 2021,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melihatkan kepedulian bagi penyandang disabilitas dimana sekitar 3.174 orang penyandang disabilitas di Kota Padang diberikan bantuan sarana prasarana publik yang ramah bagi mereka.

Kemudian terkait pembangunan infrastruktur kota dapat dibuktikan bahwa selama tahun 2022 telah terlaksana pembangunan dan pengembangan jalan kota sepanjang 26,35 km. Begitu pula terhadap jalan lingkungan permukiman sepanjang 21,80 km disertai peningkatan dan penggantian jembatan sepanjang 1.290 meter.

“Kita bersyukur sejauh ini juga mampu secara baik melakukan pengelolaan serta pengembangan sistem drainase untuk mengurangi terjadinya genangan air. Begitu pula mengadakan penyediaan angkutan umum dan manajemen lalu lintas dan pembangunan tujuh lokasi taman tematik, meningkatkan akses jalan dan keterhubungan antar wilayah yang ditunjang dengan penyediaan transportasi umum massal Trans Padang serta saat ini sudah tersedia empat koridor dari enam koridor yang ditargetkan selesai di tahun 2023 ini,” ujar Wali Kota Padang. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top