BKKBN Sumbar Gelar Penguatan Pengelola Rumah DataKu Padang Panjang Bersama DSPPKBPPPA

BKKBN Sumbar Gelar Penguatan Pengelola Rumah DataKu Padang Panjang

Padang Panjang, cagak.id Guna miliki ketersediaan data dan informasi yang akurat dan valid di Kota Padang Panjang, Perwakilan BKKBN Sumatera Barat laksanakan Orientasi Penguatan Pengelola Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga (Rumah DataKu), Jumat 17 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Osman Bin Nur didampingi Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Netti Herawati.

Sedangkan peserta diikuti Ketua Kampung KB dan Ketua Rumah DataKu se-Kota Padang Panjang yang baru terbentuk, kecuali Kelurahan Ekor Lubuk, Tanah Hitam, dan Koto Katik, dimana narasumber berasal dari BKKBN Sumbar dan Badan Pusat Statistik (BPS) Padang Panjang.

Osman Bin Nur mengatakan ketersediaan data dan informasi yang akurat dan valid menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan di setiap daerah dan Rumah DataKu yang diciptakan BKKBN sebagai jawaban atas kebutuhan akan data dan informasi di kelurahan.

“Minimal, Rumah DataKu ini menyediakan data yang sederhana, mengenai program Bangga Kencana yang riil sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Begitu juga dengan data stunting yang ada di daerah kita,” katanya.

Kepala DSPPKBPPPA Padang Panjang ini berharap setiap peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan apa yang perlu ditanyakan, agar bertanya kepada narasumber.

Sementara itu, Koordinator Bidang  Pengendalian Penduduk BKKBN Sumbar Desra menjelaskan terkait Peningkatan Kualitas Rumah DataKu Paripurna di Kampung Keluarga Berkualitas.

“Rumah DataKu ini merupakan kelompok kegiatan (poktan) masyarakat yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data dan setiap data yang kita dapat, tidak boleh kita publikasikan dan kasih tahu ke pihak lain karena data ini harus kita privasikan, kita harus jaga kerahasiaan data penduduk kita,” ujarnya.

Kemudian Easbi Ikhsan dari BPS Padang Panjang menambahkan terkait Optimalisasi Pengelolaan Data Rumah DataKu untuk Pembangunan Berkualitas serta Data Stunting yang ada di Padang Panjang dan Penyebabnya.

“Dalam mengelola setiap data kita harus teliti dan benar-benar mendapatkan data yang akurat. Data kita ini telah teruji kevalidannya,” katanya. (ADE)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top