Bangunan Cagar Budaya di Kota Padang Semakin Berkurang, Ini Penyebabnya

Disdikbud Padang saat membahas banyaknya bangunan cagar budaya yang rusak akibat gempa
Kota Padang memiliki banyak bangunan cagar budaya, tapi sejak gempa hebat pada 2009 silam, jumlah bangunan cagar budaya semakin berkurang.
Hal ini disampaikan oleh Kasi Cagar Budaya Disdikbud Kota Padang Marshaleh saat berdiskusi pada Jumat 13 Januari 2023.
“Banyak bangunan cagar budaya kita yang rusak yaitu karena kena gempa,” kata Kasi Cagar Budaya Disdikbud Kota Padang Marshaleh Adaz.
Marshaleh Adaz menjelaskan sebelumnya di Kota Padang terdapat sebanyak 72 bangunan cagar budaya sebelum gempa 2009, tapi pasca gempa, jumlahnya merosot dan berkurang.
“Kini jumlahnya menjadi sebanyak 52 bangunan dan agar tidak lupa dengan bangunan cagar budaya yang ada maka kami di Disdikbud Kota Padang lakukan pendokumentasian melalui foto dan videokan,” ujarnya.
Dikatakannya, pekan lalu Disdikbud memutar video dokumentasi cagar budaya di Padang, dimana salah satu tujuannya yaitu untuk menggali potensi bangunan fisik lainnya yang berpotensi didaftarkan sebagai objek cagar budaya.
“Beberapa bangunan yang berpotensi menjadi cagar budaya seperti Rumah Adat Kajang Padati, bangunan Pabrik Semen di Indarung dan bunker atau lubang jepang,” kata Kasi Cagar Budaya Disdikbud Kota Padang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top