Balai Bahasa Sumatera Barat Melakukan Revitalisasi Sastra Lisan Sijobang

Balai Bahasa Sumatera Barat Melakukan Revitalisasi Sastra Lisan Sijobang

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat pada 3 Juli–5 Juli 2023 melakukan revitalisasi terhadap sastra Lisan Sijobang. Kegiatan dilakukan di Jorong Kuranji, Nagari VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Pemerintah Daerah Kecamatan Guguak dan jajarannya, pendiri dan pembina Yayasan Sijobang Hj. Indrawati Munir, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat Dr. Eva Krisna, dan Dosen Jurusan Sastra Daerah FIB UNAND Dr. Satya Gayatri.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Drs. M. Yusuf Lubis. Kegiatan pelatihan Sastra Lisan Sijobang ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pelindungan Sastra Lisan di Provinsi Sumatera Barat. Peserta kegiatan adalah Calon Guru Utama Sastra Lisan Sijobang yang berasal dari guru pengampu Muatan LokalĀ  SLTP di Kabupaten Limapuluh Kota dan Pembina Komunitas Sastra Lisan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Balai Bahasa Sumatera Barat Melakukan Revitalisasi Sastra Lisan Sijobang
Dr. Eva Krisna, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat

Dr. Eva Krisna, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa para peserta saat ini, nanti akan bertugas mengajarkan keterampilan mempertunjukkan Sijobang kepada siswa. Bila upaya pewarisan berjalan dengan baik, Sijobang akan kembali dikenali dan nilai-nilai budayanya dapat dijadikan pedoman pembentukan karakter siswa.

Drs. M.Yusuf Nasution, Kabid Kebudayaan ketika membuka pelatihan dan pementasan Sijobang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini terus-menerus dilakukan. Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota akan selalu membuka diri untuk bersinergi dengan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat dalam program pelindungan bahasa dan sastra daerah serta dalam pengutamaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. (rel)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top